SOLOPOS.COM - Mangkunagoro X saat memberikan gelar kepangkatan KPH kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di Pura Mangkunegaran, Rabu (1/3/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan gelar kebangsawanan karena berperan dalam mengembangkan Pura Mangkunegaran.

Hal itu disampaikan Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran K.P.H. Tjuk Susilo ditemui wartawan di Pura Mangkunegaran, Rabu (1/3/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Mangkunegaran memberikan khususnya kepada kerabat dan beliau-beliau punya andil pengembangan Pura Mangkunegaran,” kata dia.

Menurut dia, Gibran memiliki hubungan baik sejak Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo bertakhta sebagai Adipati Mangkunagoro sejak 12 Maret 2022 lalu.

“Selama ini bagus Mas Gibran dengan Kanjeng Gusti sejak dinobatkan selalu melakukan banyak hal. Kita banyak dibantu Mas Gibran. Jadi keduanya bagus,” ujar dia.

Tjuk, sapaannya, jumlah abdi dalem yang mendapatkan gelar sebanyak 200-an pada acara penganugerahan pangkat dan sesebutan. 

Selain abdi dalem, lanjut dia, ada sejumlah orang yang mendapatkan gelar dari Mangkunagoro X, termasuk Gibran.

“Ya itu tadi gelar KPH [Kanjeng Pangeran Haryo] paling tertinggi,” papar dia.

Menurut dia, ayah Gusti Bhre, Mangkunagoro IX sudah lama tidak memberikan gelar. Kali terakhir dilakukan pada 2014.

Dia mengatakan Presiden Jokowi yang juga mantan Wali Kota Solo belum pernah mendapatkan gelar dari Pura Mangkunegaran.

Terpisah, Gibran mengatakan mendapatkan gelar itu bukan menjadi beban baginya. Gibran mengatakan tidak pernah punya beban.

“Semoga ke depan semakin banyak kolaborasi. Ini merupakan hasil kolaborasi,” ungkap dia.

Pantauan Solopos.com, Gibran hadir mengenakan pakaian beskap sebelum sesi Sabda Dalem KGPAA Mangkunagoro X. Gibran duduk dibangku menghadap utara paling depan bersama Mangkunegoro X serta Pakubuwana XIII.

Selanjutnya Gibran dipanggil oleh pembawa acara bersama sejumlah abdi dalem untuk mengikuti upacara wisuda atau penganugerahan pangkat dan sesebutan.

Wali Kota Solo mendapatkan gelar kepangkatan dari Pura Mangkunegaran Kanjeng Pangeran Haryo. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya