SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat mengikuti Rembuk Pembangunan Jateng 2024 di Taman Balekambang, Kamis (30/5/2024). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sedang memperkuat branding Kota Solo sebagai sport city atau kota olahraga dalam rencana pembangunan. Diharapkan ke depan Solo tak hanya bergantung dengan sektor perdagangan dan pariwisata.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Solo sekaligus Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Solo Gatot Sutanto menjelaskan Pemkot Solo mengusulkan revitalisasi Velodrome di kawasan Manahan kepada Pemprov Jateng.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ini upaya menuju Solo sebagai kota olahraga atau sport city. Kalau hanya mengandalkan kota perdagangan dan kota pariwisata lama-lama jenuh. Harus dikembangkan event lain salah satunya olahraga,” kata dia seusai Rembuk Pembangunan Jawa Tengah 2024 di Taman Balekambang, Solo, Kamis (30/5/2024) sore.

Gatot mengatakan revitalisasi Velodrome membutuhkan dana sekitar Rp35 miliar. Velodrome akan direvitalisasi sesuai standar untuk mendukung event skala internasional di Kota Solo.

Event sepakbola yang pernah diselenggarakan di Solo berhasil menghadirkan puluhan ribu orang. Meskipun ada juga dampak negatifnya, tapi ini skala internasional. “Kalau mereka lama di sini otomatis perputaran uang semakin banyak, itu prioritas utama,” ujar dia.

Dia mengatakan Pemkot Solo akan terus negosiasi supaya usulan pembangunan yang diajukan Gibran kepada Pemprov Jateng dapat terlaksana. Solo menjadi pusat kawasan Soloraya menuju kota global yang didukung ekonomi hijau.

Ada lima usulan Gibran kepada Pemprov Jateng. Total usulan pembangunan untuk Kota Solo mencapai Rp92.213.058.790, masing-masing renovasi Stadion Velodrome Manahan, perbaikan rumah tidak layak huni.

Kemudian pengadaan dan pemasangan fasilitas dan perlengkapan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (KLLAJ) lampu penerangan jalan umum (LPJU) Flyover Purwosari.

Penguatan tebing sungai Jl Samanhudi dan Kp. Todipan, dan pembangunan fasilitas parkir eks Pasar Kabangan untuk mendukung Kampung Wisata Batik Laweyan.

Gibran menjelaskan Kota Solo telah dipercaya FIFA menyelenggarakan berbagai kompetisi internasional, salah satunya telah terpilih menjadi Solo Jadi Venue Piala AFF U-16. Butuh upaya penguatan branding Solo sebagai kota olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya