SOLOPOS.COM - Koper jemaah calhaj kloter 1 asal Grobogan tiba di Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin (22/5/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah(

Solopos.com, BOYOLALI — Koper jemaah calon haji atau calhaj kelompok terbang (kloter) 1 tahun 2023 tiba di Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (22/5/2023) siang. Koper itu tampa berbeda dibandingkan koper jemaah haji tahun sebelumnya.

Hal itu dibenarkan oleh Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Gentur Rachma Indriadi saat diwawancarai wartawan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin. Ia mengungkapkan calhaj mendapatkan tiga tas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Perbedaannya, para calhaj 2023 mendapatkan koper bagasi yang terbuat dari bahan fiber, sedangkan koper calhaj 2022 berbahan kain. “Jadi itu memang satu paket dari pusat, isinya koper besar, koper tenteng, dan tas tenteng. Itu ada kain untuk melapisi koper juga sudah satu paket,” kata dia.

Gentur menjelaskan tahun ini calhaj termasuk di Embarkasi Solo mendapatkan tiga jenis tas yaitu koper bagasi dengan berat maksimal 32 kilogram, tas jinjing kabin berat maksimal 7 kilogram, dan tas paspor.

Selanjutnya, ia menjelaskan koper terbuat dari bahan fiber sehingga lebih tahan air dan model travelling. Menurutnya hal tersebut akan memudahkan untuk dibawa pada calhaj, khususnya yang lanjut usia (lansia).

“Berbeda dengan koper sebelumnya yang dari kain, itu kadang ditarik goyang kanan-kiri. Ini lebih mudah diangkut juga,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 352 koper jemaah calhaj kloter 1 asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tiba di Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Senin (22/5/2023) siang. Koper tersebut tiba sekitar pukul 11.00 WIB.

Gentur mengungkapkan pada Senin ini akan ada koper dari empat kloter calhaj yang masuk ke Embarkasi Solo. “Koper kloter 1 dari Grobogan, kloter 2 Grobogan, kloter 3 Grobogan dan Demak, lalu kloter 4 dari Demak,” ujarnya.

Ia menjelaskan satu kloter sebenarnya ada 360 orang. Namun, koper dari tiga orang petugas haji daerah dan lima petugas kloter dibawa sendiri.

Sebagai informasi, Embarkasi Solo pada musim haji 2023 ini akan memberangkatkan total 33.524 orang calhaj dari dua provinsi yakni Jawa Tengah sebanyak 30.377 calhaj dan DIY sebanyak 3.147 calhaj. Jemaah terbagi menjadi 95 kloter.

Akan ada dua gelombang pemberangkatan, yakni gelombang I terdiri dari kloter 1 sampai kloter 45. Kemudian gelombang II untuk kloter 46 sampai kloter 95.

Kloter 1 masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali pada 23 Mei 2023 sekitar pukul 06.00 WIB dan akan diterbangkan ke Tanah Suci pada 24 Mei 2023 pukul 00.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya