SOLOPOS.COM - Sapi berbobot 1 ton lebih yang menjadi sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo.

Solopos.com, SOLO—Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Masjid Al Wustho Solo pada Jumat (8/7/2022) pukul 22.00 WIB.

Sapi tersebut berjenis Simental dengan bobot 953 Kilogram.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Informasi itu disampaikan Ketua Takmir Masjid Al Wustho Solo, Purwanto, Sabtu (9/72022). “Alhamdulillah sapi kurban Pak Jokowi sudah kami terima tadi malam,” ujar dia.

Menurut Purwanto, sapi kurban dari Jokowi dalam kondisi sehat dan bugar. Setiba di Masjid Al Wustho Solo, sapi kurban Jokowi langsung dimasukkan kandang. Sebab sapi itu akan disembelih pada Minggu (10/7/2022) pagi.

Pada Iduladha tahun ini, Takmir Masjid Al Wustho Solo menggelar Salat dan menyembelih hewan kurban pada Minggu. Sapi untuk masjid itu dibeli dari seorang warga Mendiro, Kalongan, Ungaran Timur, Sutrisno.

Baca Juga: Sapi Kurban Presiden Jokowi Di Masjid Agung Solo Beratnya 1 Ton Lebih

Sapi tersebut berusia enam tahun. Sementara sapi kurban Presiden Jokowi untuk Masjid Agung Solo diperkirakan tiba pada Sabtu sekira pukul 13.30 WIB.

Sapi itu dibeli dari peternak asal Kedungdowo, Andong, Boyolali, Harun Alrosid.

sapi kurban Jokowi di Al Wustho
Sapi kurban Presiden Jokowi yang diserahkan ke takmir Masjid Al-Wustho Mangkunegaran.

Tidak main-main, sapi berjenis Lemosin itu berbobot 1.010 Kilogram. Harga sapi itu menurut keterangan pemiliknya sebesar Rp100 juta.

“Tahun kemarin sudah ditawar Rp85 juta tapi belum siap jual,” ungkap dia via ponsel.

Terlepas dari harga jualnya, Harun merasa bangga salah satu ternaknya dibeli oleh Presiden Jokowi untuk beribadah kurban.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sumbang 2 Sapi Kurban di Solo, Bagaimana Dengan Gibran?

“Sapi saya berjenis Limosin dengan berat 1,01 ton atau 1.010 Kilogram. Saya kirim habis Zuhur,” aku dia.

Harun menjelaskan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran sapi, pihaknya rutin menyemprotkan cairan disinfekan setiap pagi dan sore. Dia rutin memberikan vitamin tiga hari sekali melalui suntik, dan kandang dibersihkan.

“Yang penting juga sterilisasi pengunjung, tidak ada yang boleh melihat. Ini kasus PMK [penyakit mulut kuku] kan merebak, biar aman semua lah. Sebenarnya sudah sejak dulu seperti itu, ini hanya tambah vitamin,” terang dia.

Seperti halnya Masjid Al Wustho Solo, Salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Solo akan dilakukan pada Minggu pagi.

Diperkirakan ribuan jemaah akan memadati masjid itu untuk mengikuti Salat Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya