SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). (ANtara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO – Ruas Tol Solo-Jogja yang dibuka khusus saat mudik Lebaran 2023 hanya beroperasi di jam-jam tertentu saja, tidak selama 24 jam.

Tol fungsional sepanjang enam kilometer mulai dari Exit Tol Colomadu hingga Kateguhan, Sawit, Boyolali tersebut sudah dibuka mulai Sabtu (15/4/2023). Selama dibuka, tol tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain itu, tidak semua jenis kendaraan bisa mengakses tol tersebut. Hanya kendaraan yang masuk dalam kategori golongan 1 nonbus yang bisa melewati Tol Solo-Jogja.

Direktur Keuangan dan Umum PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Yhanni Haryanto, mengatakan jam operasional Tol Solo-Jogja saat mudik Lebaran 2023 dibuka pada pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Namun, ia menjelaskan bisa terjadi buka tutup jalur tergantung kepadatan. Keputusan tersebut, jelas Yhanni, akan berkoordinasi dengan kepolisian.

Selama penggunaan tol fungsional Solo-Jogja, ia menjelaskan tidak ada aktivitas pembangunan di malam harinya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Solopos.com di akun Twitter resmi milik Jasa Marga pada Kamis (20/4/2023) pagi, Tol Solo-Jogja dibuka pada pukul 07.00-17.00 WIB.

“Ruas Tol Solo – Yogyakarta dibuka fungsional tanggal 15 April 2023 s.d. 24 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB,” tulis pengelola akun Twitter @ptjasamarga.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi memprediksi per harinya akan ada lebih dari 1.000 kendaraan yang melewati jalan tol fungsional Solo-Jogja. “Kalau kami menghitungnya itu bisa 1.000 bahkan lebih, tapi kami tidak bisa pastikan. Berapapun jumlah pemudik, kami siap,” kata dia.

Yhanni Haryanto, menjelaskan PT JMM memastikan jika jalur fungsional sepanjang enam kilometer tersebut juga dapat dilalui oleh masyarakat di sekitar jalan tol. Ia juga mengungkapkan akan ada tangki yang rutin menyemprotkan air ke jalan untuk mencegah jalanan yang berdebu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya