SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

KARANGANYAR-Para petani di Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar diimbau waspada terhadap serangan hama tikus di wilayah mereka. Karena hama perusak tanaman itu saat ini tengah mengganas di desa tetangganya di sekitar Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Serangan hama tikus di Kecamatan Colomadu relatif kecil atau tidak membahayakan. Tetapi para petani hendaknya tetap waspada, sebab saat ini tikus mulai menyerang tanaman padi di Sawahan. Karena itu Klodran yang wilayahnya berdekatan dengan Sawahan saya harap waspada,” kata Kepala Balai Penyuluhah Pertanian Kecamatan Colomadu, Wahono ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2013).

Menurut dia para petani harus rajin dalam mencermati sawah masing-masing dari gangguan serangan hama tikus. Sehingga jika di sawah ditemukan lubang tikus hendaknya segera dibasmi.

Dikhawatirkan jika hal itu tidak segera diatasi secepat mungkin akan beranak-pinak dan berkembang biak dengan cepat. Jika sudah demikian, papar dia, para petani akan menelan kerugian.

Secara terpisah, salah seorang petani di Klodran, Arto, 67, mengatakan dia mengaku selalu mengontrol sawahnya agar sawahnya tak diterjang hama tikus. “Serangan hama tikus memang mengerikan, sebab kalau tidak segera diatasi petani tidak akan kebagian gabah,” kata dia.

Dia menjelaskan saat ini tanaman padinya yang telah berusia dua pekan aman dari terjangan hama tikus. Sebab sawah yang ada satu blok dengan sawahnya saat ini masih aman dari gangguan hama tikus.

Sedangkan salah seorang petani warga Tohudan, Colomadu, Wahyudi mengatakan sawah di desanya sementara ini aman dari serangan hama tikus. Namun dia mengaku tetap waspada, karena serangan hama tikus dinilai amat menyengsarakan para petani.

“Kalau serangan wereng atau walang dampaknya tidak seketika terlihat seperti tikus. Kalau serangan tikus, kerusakan langsung terlihat, karena batang tanaman banyak yang putus,? Kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya