SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani (berkerudung biru) menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Cipta Menu B2SA, Rabu (29/11/2023) di Pendopo Graha Satya Praja Sukoharjo. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Tim dari Kecamatan Weru berhasil menjuarai Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Sukoharjo 2023, Rabu (29/11/2023). Sementara juara II dan III diraih tim dari Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Bulu.

Selain itu, Kecamatan Polokarto berhasil meraih juara harapan I, Kecamatan Nguter sebagai juara harapan II, dan Kecamatan Bendosari meraih juara harapan III.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lomba ini digelar Dinas Pangan Sukoharjo di Pendopo Graha Satya Praja Sukoharjo. Tujuannya mempromosikan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam. Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dalam sambutannya berharap lomba ini dapat memperkua kemandirian pangan lokal.

“Selain itu diharapkan juga bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga,” kata Bupati, seperti dikutip Solopos.com dari situs resmi Pemkab Sukoharjo, Kamis (30/11/2023).

Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Dyah Lukisari, dan para pejabat teras Pemkab Sukoharjo. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Lomba ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan hasil potensi alam daerah dalam menciptakan menu yang sehat dan bernutrisi. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan yang sehat dan mendukung kesehatan serta ekonomi lokal.

Sehari sebelumnya, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Sukoharjo menggelar lomba masak ikan di Pendopo Graha Satya Praja Sukoharjo, Selasa (28/11/2023). Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kreativitas para ibu mengolah ikan untuk menunjang minat anak makan ikan.

Dengan meningkatnya konsumsi ikan di kalangan anak-anak, harapannya angka stunting di Sukoharjo bisa ditekan.

Kepala Distankan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan kegiatan tersebut mengusung tema Ragam Menu Ikan untuk Mewujudkan Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas. Masing-masing kecamatan mengirimkan dua regu sehingga total ada 24 kelompok peserta.

Lomba masak ini dimenangkan oleh Tim Penggerak PKK Desa Wironanggan, Gatak. Disusul Kecamatan Grogol dan Mojolaban sebagai juara II dan III. Anggota tim Kecamatan Gatak, Siska Sunarti, menyuguhkan olahan ikan berupa nasi telang, sushi, dan kuah tongseng. Ia memilih memasak sushi lantaran mudah, menarik, dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya