SOLOPOS.COM - Penjaga layanan Perpustakaan Kabupaten Wonogiri, Sumarsono, mengakses aplikasi iWonogiri, Rabu (19/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemkab Wonogiri telah memiliki aplikasi perpustakan digital bernama iWonogiri. Diharapkan, aplikasi itu dapat meningkatkan minat baca warga Wonogiri ke depannya.

Dilansir dari laman wonogirikab.go.id, Selasa (25/10/2022), Maryanto selaku Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Dinas Kearsipan Wonogiri, mengatakan pihaknya sudah menyosialisasikan aplikasi iWonogiri kepada warga Wonogiri sebelum adanya pandemi Covid-19. Hal itu termasuk mengadakan program keliling wilayah atau perpustakaan keliling.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan data yang telah di kumpulkan RGS, iWonogiri mempunyai 281 buku yang di baca secara universal (umum). Ada sekitar 26 kategori buku yang tersedia di aplikasi iWonogiri, termasuk majalah dan jurnal yang bisa di akses secara gratis.

Aplikasi iWonogiri juga memiliki fitur yang memungkinkan bagi penggunanya mengirim permintaan buku yang sedang diminati. Selama ada aplikasi perpustakaan digital, Perpustakaan Kabupaten Wonogiri telah mengklaim mempunyai 5.473 pengunjung iWonogiri.

“Lantaran Kabupaten Wonogiri memiliki wilayah yang cukup luas membuat masyarakat kesulitan untuk membaca buku di perpustakaan yang berada di Jalan Raya Wonogiri, Donoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebab secara universal, tingkat membaca warga Wonogiri masih sulit meskipun sudah ada aplikasi digital yang mudah diakses secara bebas,” jelas Maryanto.

Baca Juga: Pandemi Bikin Sejumlah Perpusdes di Wonogiri Semakin Sepi

Wartiningsih selaku pustakawan di Perpustakaan Kabupaten Wonogiri menjelaskan bahwa awalnya aplikasi iWonogiri merupakan aplikasi pinjaman dari pihak ketiga yang merupakan komunitas dari Yogyakarta.

“Kami juga sudah melakukan sosialisasi di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri serta perwakilan desa juga terlibat dalam acara tersebut yang memiliki tujuan menjangkau buku-buku di pelosok wilayah. Selain bisa membaca buku kapan saja dan di mana saja, warga juga bisa berkomunikasi dengan pengelola Perpustakaan Kabupaten Wonogiri walaupun dari jauh,” ungkap Wartiningsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya