SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan mengecek perbaikan ruas jalan Cuplik-Telukan, di Kampung Sayemrejo Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/7/2023). (Istimewa/Pemprov Jateng)

Solopos.com, SUKOHARJO — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan serangkaian kunjungan di Kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/7/2023). Dalam kunjungannya Ganjar turut mengecek perbaikan ruas jalan Cuplik-Telukan, di Kampung Sayemrejo, Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo.

Jalan yang diperbaiki tersebut merupakan jalan yang sempat rusak dan dilaporkan oleh warga melalui aplikasi LaporGub. Perbaikan jalan dikerjakan dengan memakai anggaran dari bantuan keuangan Pemprov Jateng senilai Rp7 miliar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dalam kunjungan tersebut Ganjar sempat berpesan kepada kontraktor agar menjaga kualitas jalan, tidak mengurangi spek, dan harus dikerjakan sesuai ketentuan. Tujuannya, agar jalan yang diperbaiki awet dan kendaraan bertonase berat bisa lewat dengan aman.

“Tadi saya titipkan pada kontraktornya tolong betul jaga kualitas yang baik, pengerjaannya juga tepat waktu, jangan dikurang-kurangi, jangan dikorupsi. Ini saya tekankan terus-menerus agar pekerjaan ini bagus dan awet,” pesan Ganjar.

Jalan tersebut termasuk yang banyak dilaporkan ke Pemprov Jawa Tengah karena kondisinya yang banyak lubang. “Ini bantuan keuangannya Rp7 miliar, tapi nilai kontrak [proyeknya] Rp 4,9 miliar. Ya turunnya agak banyak, makanya saya bilang hayo jangan kurangi kualitas. Tapi ternyata kontraktornya orang lokal jadi bisa menggunakan alat yang ia punya sendiri,” jelas Ganjar.

Saat berada di lokasi, Ganjar melihat langsung  ruas jalan tersebut cukup padat dilalui kendaraan. Bahkan, tidak sedikit kendaraan besar seperti truk bermuatan yang melintas. Dalam pengecekannya itu ia juga sempat bertanya kepada warga sekitar mengenai kondisi jalan tersebut sebelum dimulai perbaikan.

“Tadi saya tanya ke masyarakat dulu jalannya seperti apa. Lubang Pak, rusak Pak, tanahnya juga bergerak. Maka kami kasih bantuan keuangan ke Pemkab Sukoharjo dan hari ini sudah mulai dikerjakan, insyaallah bagus dan kita cor rigid,” paparnya.

Dengan metode cor rigid tersebut diharapkan jalan lebih kuat menahan beban kendaraan bertonase berat. Ganjar juga sempat melihat revitalisasi Pasar Cuplik di  Tegalsari, Desa Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, lalu  Pos PAUD Pundungsari di Kecamatan Polokarto, untuk melakukan pengecekan stunting.

Selain itu ia juga melakukan kunjungan lain di pengrajin lukis kulit kambing Kelompok Tatah Sungging di Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo. Pada malam harinya Ganjar juga dijadwalkan menyambangi warga Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya