SOLOPOS.COM - Kondisi tetenger titik 0 km Sragen di seberang Kantor Setda Sragen, Jl Sukowati, Sragen, Sabtu (19/2/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Titik 0 km Sragen yang berlokasi di seberang Kantor Setda Sragen, Jl Sukowati Sragen, diduga dipindahkan dari tempat sebelumnya. Di satu sisi, meskipun ada teknologi, Titik 0 Km masih diperlukan sebagai penanda resmi daerah.

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen Johny Adhi Aryawan mengatakan Pemerintah Hindia Belanda mengacu pada tradisi Eropa yang menentukan titik 0 kota pada kantor pos atau di berhadapan dengan kantor pos.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Dukung Wisata Gunung Kemukus, Warga Dilatih Bikin Suvenir

Menurutnya, acuan titik 0 berada di sekitar atau di seberang gedung kantor pemerintahan merupakan tradisi Amerika. “Kami mengacunya pada peta lama tahun 1928. Kalau tidak keliru titik 0 km ada di sebelah timur Masjid Raya Al Falah Sragen,” katanya, Kamis (24/2/2022).

Ia mengatakan sampai saat ini belum ada bukti pendukung titik nol km pernah dipindah. Johny menjelaskan fungsi titik 0 km dulu digunakan sebagai tempat awal mengukur jarak antarkota.

Baca Juga: Pelanggaran Lalu Lintas di Sragen Tertinggi Kedua di Jateng, Kok Bisa?

Selain itu sebagai acuan untuk penomoran alamat di mana angka yang semakin kecil menandakan dekat dengan titik 0. Titik 0 km berguna bagi orang yang tersesat untuk mencari arah ke pusat kota.

“Walaupun sekarang ada GPS [Global Positioning System], fisik titik 0 km masih diperlukan sebagai penanda resmi. Titik 0 km sebagai salah satu identitas kota,” paparnya.

Baca Juga: Pemkab Sragen Siapkan Operasi Pasar 1.800 Liter Minyak Goreng di Miri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya