SOLOPOS.COM - Wakil Bupati (wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno (dua dari kanan), tengah meninjau lokasi program TMMD Sengkuyung tahap III 2022 di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Selasa (11/10/2022). (Istimewa/Kodim 0728 Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, telah rampung. Jalan penghubung Desa Basuhan dan Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, kini dapat dilewati warga dengan mudah.

“Iya sudah selesai sekitar tiga hari yang lalu. Dulu jalannya sebagian masih rabat jalan dua rel [lajur] dan makadam. Sekarang sudah dicor blok [rabat beton]. Lebarnya tiga meter, tinggi 12 cm, dan panjangnya 891 meter,” kata Kepala Desa (Kades) Basuhan, Sutini, kepada Solopos.com, Jumat (4/11/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat program TMMD berlangsung, warga setempat juga ikut membantu TNI membangun jalan. Akses jalan yang dibangun merupakan jalan penghubung antardesa. Sebelumnya, jalan itu hanya dapat dilalui motor.

“Pengendara mobil bagi yang berani saja [padahal jalan tersebut adalah jalan utama],” imbuhnya.

Seusai rampung digarap, jalan yang tepatnya berlokasi di Dusun Dayakan itu kini ramai dilalui warga. Sutini juga beranggapan program TMMD di Desa Basuhan telah berdampak pada meningkatnya aktivitas ekonomi warga.

Baca Juga: TMMD Wonogiri Bangun Jalan Penghubung Desa Basuhan-Wonodadi Sepanjang 891 Meter

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kegiatan TMMD di Desa Basuhan merupakan program TMMD tahap III yang dilakukan TNI di Kabupaten Wonogiri selama 2022. TMMD tahap III dibuka, 11 Oktober 2022 dan berlangsung selama satu bulan.

Rabu (9/11/2022) nanti, rencananya program TMMD di Desa Basuhan bakal ditutup. Penutupan itu akan dihadiri langsung Komandan Kodim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Deny Octavianto. Adapun hasil pekerjaan secara simbolis akan diserahkan kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Perwira Seksi Personel (Pasipers) Kodim 0728/Wonogiri, Kapten (Cpm) Suparmin, mengatakan penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III 2022 rencananya dilaksanakan di Lapangan Desa Basuhan. Upacaranya dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Alokasi Dana Desa 40% untuk BLT, Kemendesa PDTT saat di Wonogiri: Kebanyakan!

“Pembangunan jalan rabat beton sudah selesai 100 persen. Sedangkan sasaran nonfisik seperti sosialisasi dan penyuluhan juga telah dilaksanakan. Kami berharap agar semua instansi yang ada mendukung penuh dan saling bersinergi sehingga nantinya kegiatan di lapangan dapat berjalan dengan lancar,” kata Suparmin dalam rilis persnya kepada Solopos.com, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya