SOLOPOS.COM - Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Deny Octavianto, memotong pita sebagai tanda peresmian dibukanya jalan rabat beton hasil program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Foto diambil, Rabu (9/11/2022). (Istimewa/Kodim Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Deny Octavianto, resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Dusun Dayakan, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Rabu (9/11/2022). Penutupan itu ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, seusai upacara penutupan TMMD di Lapangan Desa Basuhan.

Sebagaimana diketahui, TMMD di Desa Basuhan merupakan program ketiga yang digelar Kodim 0728/Wonogiri. Program yang berlangsung sekitar sebulan itu telah rampung 100%.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jalan dusun yang menghubungkan Desa Basuhan dan Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro itu sebelumnya berupa makadam dan rabat dengan dua lajur. Kini, jalannya berupa rabat beton sepanjang 891 meter, lebar 3 meter, dan tebal beton 12 cm.

Program pembangunan jalan desa itu memakan anggaran senilai Rp397,99 juta. Sumbernya dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi senilai Rp165 juta, APBD Kabupaten senilai Rp200 juta, dan swadaya masyarakat senilai Rp32,99 juta.

Letkol (Inf) Deny Octavianto mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang membantu melancarkan kegiatan TMMD di Desa Basuhan. Ia berharap, pembangunan tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya di Desa Basuhan.

Baca Juga: TMMD di Basuhan Wonogiri Rampung, Warga Ramai-Ramai Nikmati Jalan Penghubung

“Kami harap seluruh warga dapat menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun dan dikerjakan secara bersama-sama. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama. Pelihara terus apa yang sudah dibangun TNI di Desa Basuhan, agar manfaat dari hasil TMMD dapat dirasakan jangka panjang,” kata Dandim dalam sambutannya, seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (9/11/2022).

Acara penutupan TMMD tersebut turut dihadiri Kasilog Korem 074/Warastratama, Mayor (Cba) Wiwin Yuni Purwanto; Kajari Wonogiri, Porman Patuan Radot; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Antonius Purnama Adi; jajaran Forkopincam Eromoko; serta Staf Ahli Bupati Wonogiri, Aris Tri Budoyo dan Suharno.

Kepala Desa (Kades) Basuhan, Sutini, mengatakan program TMMD di desanya sudah selesai sekitar sepekan sebelum penutupan. Saat TMMD berlangsung, menurut Sutini, warga setempat juga ikut membantu TNI membangun jalan.

Baca Juga: Hore! Kodim Wonogiri akan Bangun Pompa Hidram di 3 Kecamatan Ini

Seusai rampung digarap, jalan yang berlokasi di Dusun Dayakan itu kini ramai dilalui warga. Sutini juga beranggapan program TMMD di Desa Basuhan telah berdampak pada meningkatnya aktivitas ekonomi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya