SOLOPOS.COM - Upacara Pembukaan dan peletakan Batu pertama TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Karangwuni, Polokarto, Sukoharjo, Rabu (12/7/2023). (Istimewa/Kodim Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Karangwuni di Kecamatan Polokarto menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2023 Kodim 0726/Sukoharjo yang dimulai Rabu (12/7/2023).

Seperti biasa, ada dua kegiatan utama yang dilakukan selama TMMD yang berlangsung sekitar 1 bulan tersebut, yakni pembangunan fisik maupun nonfisik. Pembangunan fisik berupa proyek pembuatan talut dan jalan rabat beton. Sementara kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dan sosialisasi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

TMMD kali ini mengusung tempat Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat. Seremoni pembukaan TMMD dihadiri oleh Kasdim 0726/Sukoharjo, Mayor (Inf) Mochklisin, mewakili Dandim Letkol (Czi) Slamet Riyadi, yang menunaikan ibadah haji.

Mochklisin menjelaskan pihaknya akan membuat talud jalan di dua lokasi berbeda. Talud pertama dibangun dengan panjang 618 meter x tinggi 0,8 meter x lebar 0,3 meter. Sementara talud kedua sepanjang 250 meter x 0,8 meter x  0,3 meter. Sementara pembangunan jalan rabat beton direncanakan memiliki panjang 334 meter x 2,5 meter x 0,1 meter.

“TMMD juga akan diisi dengan sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara oleh Kodim. Penyuluhan hukum dan kamtibmas juga akan dilakukan oleh Polres Sukoharjo. Sementara penyuluhan Kesehatan, KB dan Stunting dilaksanakan olek Dinkes dan DPKBP3A Sukoharjo. Tak hanya itu, rekam dan sosialisasi KTP elektronik/e-KTP akan dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Sukoharjo,” papar Kasdim.

Ia berharap pembangunan fisik dalam TMMD dapat mewujudkan kesejahteraan desa dan memudahkan mobilitas masyarakat. TMMD Sengkuyung Tahap II ini akan menelan dana Rp604,51 juta yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng (Rp256 juta) dan APBD Sukoharjo (Rp348,51 juta). TMMD Sengkuyung Tahap II tersebut ditargetkan usai pada 10 Agustus 2022 terhitung sejak Rabu (12/7/2023).

Sementara itu, Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, berharap dan optimis apa yang dihasilkan dari TMMD ini dapat bermanfaat bagi warga Desa Karangwuni. Ia  juga berharap TMMD semakin memupuk  jiwa kegotongroyongan, kerja sama, dan kolaborasi demi tercapainya kemanunggalan TNI, Polri dan masyarakat.

Sejumlah elemen masyarakat dan aparat hadir dalam Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II  itu. Di antaranya perwakilan dari Grup 2 Kopassus, Brigif 6/2 Kostrad, Yonif MR 413/Bremoro, Depo Har 50 SMO dan Lanud SMO Adi Soemarmo, Polres, Brimob.

Seusai upacara, Wabup Agus Santosa  didampingi Kasdim 0726/Sukoharjo beserta Forkompinda melaksanakan peletakan batu pertama secara simbolis sebagai tanda dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya