SOLOPOS.COM - Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Sengkuyung Tahap III 2022 di Desa Jati Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/10/22). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kodim 0726/Sukoharjo menggelar TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Sengkuyung Tahap III 2022. TMMD digelar di Desa Jati, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Upacara pembukaan dilakukan di Lapangan Desa Jati, Gatak, Sukoharjo, Selasa (11/10/22).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dandim 0726/Sukoharjo optimis pengerjaan target TMMD akan rampung sesuai jadwal meski cuaca ekstrem sedang melanda berbagai daerah. Dandim mengatakan telah memiliki strategi khusus agar target TMMD segera rampung.

“Dalam TMMD ini kami mengerahkan pasukan dari Kodim 0726/Sukoharjo dibantu oleh Polres Sukoharjo dan warga masyarakat. Diharapkan sinergitas antara TNI dengan warga masyarakat solid, sesuai dengan tema HUT TNI Ke 77 TNI adalah Kita jadi TNI dari rakyat untuk rakyat dan kita mengabdi untuk rakyat,” kata Dandim.

“Targetnya sesuai dengan waktu, untuk menyikapi cuaca kami sudah melaksanakan pra TMMD sehingga diharapkan rampung sesuai dengan harapan,” jelas Dandim 0726/Sukoharjo, usai upacara Selasa (11/10/2022).

Baca juga: TMMD SUKOHARJO : Rp280 Juta untuk Bangun Jalan Desa 1,2 Km

Direncanakan TMMD Sengkuyung Tahap III 2022 Kodim 0726/Sukoharjo berlangsung pada 11 Oktober 2022-9 November 2022 dengan sejumlah sasaran fisik di antaranya talut Jalan Tani Dukuh Jati, Gatak dengan panjang 63 m x lebar 0,5 m x tinggi 1,1 m.

Betonisasi jalan tani Dukuh Jati, Desa Jati, Gatak dengan panjang 450 m x lebar 4 m x Tebal 0,1 m. Selain itu ada pula talut jalan tani lain dengan Panjang 408 m x Lebar 0,5 m x Lebar 0,5 m.

Sementara itu untuk sasaran non fisik di antaranya adalah penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara, penyuluhan hukum dan kamtibmas. Selain itu ada pula penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan wawasan kebangsaan umat beragama.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi sebesar Rp 256 juta, dan dana APBD Kabupaten sebesar Rp 612.292.000 sehingga total dana yang dianggarkan sebesar Rp 868.292.000.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, selaku Inspektur Upacara mengatakan TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya program TMMD dalam menciptakan dinamika kegotongroyongan.

Baca juga: TMMD Sukoharjo Gelontor Ratusan Juta Rupiah

Serta membangun bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga senantiasa ikut serta dalam pembangunan nasional.

Selesai upacara, Bupati Sukoharjo beserta Forkompinda dan rombongan berkenan menuju lokasi TMMD sasaran Betonisasi untuk melaksakan peletakan batu pertama secara simbolis tanda dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 Kodim 0726/Sukoharjo.

Peletakan Batu pertama secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sukoharjo dan Danrem 074/Warastratama dilanjutkan oleh Dandim 0726/Sukoharjo dan Kapolres Sukoharjo.

Usai peletakan batu itu, Bupati Sukoharjo mengatakan untuk pendanaan TMMD Sengkuyung Tahap III berasal dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Sukoharjo.

“Dengan adanya TMMD Sengkuyung Tahap III ini, Alhamdulilah manfaatnya luar biasa bagi warga kami yaitu pemerataan pembangunan desa semoga hasil-hasil infrastruktur yang dibangun mudah-mudahan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga masyarakat  serta dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat,” jelas Bupati Etik.

Baca juga: Wah, TNI Sukoharjo Bantu Warga Rehab Rumah dan Cor Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya