SOLOPOS.COM - Suasana pembukaan tol fungsional Solo-Jogja di STA 0 Colomadu, Jumat (5/4/2024). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Tol fungsional Solo-Jogja secara resmi dibuka untuk memperlancar arus mudik-balik Lebaran 2024 pada Jumat (5/4/2024) pukul 06.00 WIB. Pemudik menyambut gembira dengan dibukanya tol fungsional yang menghubungan Gerbang Tol (GT) Colomadu atau Banyudono hingga Karanganom dan Ngawen, Klaten.

Tol secara resmi dibuka oleh beberapa pejabat seperti Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah; Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dan pejabat lain di STA 0 wilayah Colomadu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Beberapa kendaraan pemudik dan juga pengendara mobil disiapkan untuk mengikuti seremonial pembukaan.

Salah satunya adalah pemudik asal Banyuwangi, Ahmad Rosyad, 36. Ia bersama keluarga hendak balik kampung ke wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

“Sebagai pemudik dengan kemudahan jalanan untuk transportansi tentu merasa senang karena bisa lebih cepat kalau memakai jalan tol fungsional,” jelas dia.

Ia menjelaskan bukan kali pertama menggunakan jalan tol fungsional Solo-Jogja untuk mudik Lebaran. Rosyad pernah menggunakan tol fungsional untuk mudik pada Lebaran 2023. Sehingga, ia tidak merasa bingung jalur mana yang akan digunakan ketika berkendara.

Senada, pemudik lain asal Tangerang, Renaldy Rozi, juga menyambut senang dengan dibukanya tol fungsional Solo-Jogja untuk masyarakat.

Ia mengaku sudah membaca jalur tol fungsional via Internet dan juga memantau akun Instagram Jasamarga Jogja Solo agar paham penggunaan jalur tol.

Walaupun begitu, pria yang hendak menuju Karanganom Klaten tersebut mengatakan berkaca dari pengalaman operasional tol fungsional Solo-Jogja sebelumnya, perlu diperbanyak rambu agar masyarakat tidak bingung.

“Pernah teman saya cerita bingung mau ke tol fungsional Solo-Jogja caranya bagaimana. Dipikirnya cuma bisa lewat Banyudono, ternyata bisa langsung dari tol langsung ke fungsional. Mungkin bisa diberi pemberitahuan di tol wilayah Boyolali kalau bisa langsung masuk ke fungsional via Colomadu,” jelas dia.

Kemudian, pada Jumat tepat pukul 06.00 WIB, bendera start dikibarkan tanda tol fungsional Solo-Jogja dibuka. Para pengendara mobil berbondong-bondong menekan gas dan menuju tempat tujuan masing-masing.

Sebagai informasi, tol fungsional Solo-Jogja dibuka Jumat-Senin (5-15/4/2024) setiap hari pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Untuk arus mudik, tol fungsional dioperasikan satu arah dari sisi Kartasura ke Klaten pada 5-11 April 2024. Pengemudi yang lewat jalan arteri bisa masuk ke tol fungsional lewat GT Banyudono sedangkan dari tol Transjawa bisa langsung masuk setelah keluar dari GT Colomadu.

Kemudian, untuk arus balik dioperasionalkan 12-15 April 2024 dari arah Klaten menuju Kartasura. Pengemudi bisa masuk lewat GT Karanganom dan GT Ngawen. Pengemudi diimbau untuk mematuhi batas kecepatan 40 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya