SOLOPOS.COM - Kendaraan masuk ke jalur tol fungsional Solo-Jogja di Desa Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Selasa (25/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ruas tol Solo-Jogja bakal dibuka secara fungsional saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru. Pembukaan fungsional dari Kartasura, Sukoharjo hingga di exit tol Karanganom di wilayah Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten.

Guna pengamanan arus lalu lintas ketika tol dioperasikan secara fungsional, Polres Klaten berencana mendirikan pos pengamanan fungsional di exit tol Karanganom di Desa Kuncen.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, mengatakan sudah ada supervisi dari Ditlantas Polda Jateng. Dari supervisi tersebut, ada sejumlah poin penekanan yang akan dilaksanakan di Klaten terkait arus lalu lintas selama libur Nataru.

Salah satu poin yakni pengamanan jalur keluar tol Solo-Jogja yang dioperasikan fungsional selama libur Nataru dari Kartasura hingga Klaten. Pengoperasian tol secara fungsional itu untuk memecah arus lalu lintas dari gerbang tol Colomadu.

Terkait rencana pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional saat libur Nataru, salah satu pos pengamanan Polres Klaten bakal ditempatkan di exit tol Karanganom di wilayah Desa Kuncen.

Untuk teknis pengoperasian pos pengamanan itu, Kasatlantas menjelaskan bakal ada koordinasi lebih lanjut dengan pengelola tol serta dinas terkait. “Kami sudah koordinasi pihak jalan tol dan Dishub. Nanti ada jam berlakunya dan mungkin akan ditentukan tanggalnya kapan dilaksanakan,” kata Kasatlantas saat ditemui wartawan di Polres Klaten, Kamis (30/11/2023).

“Nanti kami koordinasi dengan pihak tol kapan akan dilaksanakan satu arah ke arah Klaten dan kapan ke arah sebaliknya. Nanti akan kami sosialisasikan,” tambahnya.

Lebih Panjang

Seperti diberitakan sebelumnya, tol Solo-Jogja bakal kembali dibuka secara fungsional dari Kartasura sampai Klaten saat libur Nataru mendatang. Ruas tol yang dibuka nanti bakal lebih panjang dibandingkan saat Lebaran 2023 lalu.

Pada Lebaran, tol Solo-Jogja dibuka fungsional sepanjang 6 km dari Ngasem sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali. Sementara saat libur Nataru nanti tol dibuka sepanjang 13 km dari Kartasura hingga Karanganom, Klaten.

Pimpinan Proyek (Pimpro) Tol Solo-Jogja, M Ahdal Masruhin, mengatakan konstruksi rigid proyek pembangunan tol Solo-Jogja saat ini sudah sampai di STA 13 di Karanganom Klaten. Diperkirakan saat libur Nataru mendatang tol Solo-Jogja bisa dibuka secara fungsional untuk pengendara keluar di gerbang tol Karanganom.

“Nanti yang di tol bisa langsung lewat Tol Colomadu [jembatan baru]. Yang arteri bisa lewat Exit Tol Banyudono,” jelas dia kepada wartawan di Banyudono, Boyolali, Jumat (24/11/2023).

Soal berapa lajur yang akan dibuka fungsional saat Nataru, Ahdal masih menunggu koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian, dan bagian operasional tol.

Rapat mengenai hal itu diperkirakan akan digelar pada awal atau pertengahan Desember. Ia berharap persiapan Nataru dengan pembukaan fungsional tol Solo-Jogja nanti lebih baik  dan lancar dibanding sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya