SOLOPOS.COM - Kondisi mobil pikap Mitsubishi L300 berpelat nomor N 8899 DJ di Unit Laka Polres Sragen seteah terlibat kecelakaan di ruas tol Jl. Solo-Ngawi, Selasa  (16/5/2023). (Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Setiap bulan selalu terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Solo-Ngawi di ruas Kabupaten Sragen, setidaknya dalam tiga bulan terakhir. Terbaru, kecelakaan lalu lintas terjadi pada Kamis (6/7/2023) pagi tadi yang menyebabkan setidaknya dua orang meninggal dunia dan 12 korban luka.

Kecelakaan ini melibatkan mobil Isuzu Elf yang mengangkut 14 orang termasuk sopir menyeruduk truk. Lokasinya di Tol Solo-Ngawi jalur B (arah timur ke barat) yang masuk wilayah Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal, Sragen. Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 05.10 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Solopos.com mencoba menganalisis kecelakaan serupa yang terjadi Tol Solo-Ngawi dalam tiga bulan terakhir. Tercatat ada lima kecelakaan lalu lintas yang hampir semuanya memakan korban jiwa, termasuk yang terjadi Kamis ini. Modus kecelakaannya adalah mobil korban menyeruduk kendaraan lain yang sejauh ini semuanya adalah truk.

Selain itu, ada hal yang menurut Solopos.com penting untuk diketahui, yakni soal waktu kejadian. Ini adalah benang merah yang bisa ditarik dari lima kejadian kecelakaan tersebut. Waktu kecelakaan biasanya adalah dini hari, rentang dari pukul 00.30 WIB – 05.30 WIB. Ditengarai waktu ini adalah saat di mana sopir kehilangan kosentrasinya karena kelelahan.

Mari kita cermati empat kecelakaan tersebut dimulai dari kejadian pada Selasa 16 Mei 2023 lalu. Di hari itu terjadi dua kecelakaan yang sama-sama memakan korban jiwa. Kecelakaan pertama, Mitsubishi L300 pikap bernopol N 8899 DJ menyeruduk truk di Tol Solo-Ngawi Jalur B KM 546.200 tepatnya di Desa Banyurip, Kecamatan Sambungmacan Sragen. Sopir pikap meninggal dunia di lokasi kejadian. Insiden ini terjadi sekitar pukul 00.55 WIB.

Selang dua jam, atau pukul 02.22 WIB terjadi kecelakaan kedua di jalur B KM 531.200 yang masuk wilayah Desa Singopadi, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Daihatsu Granmax B 9452 WCC menyeruduk truk tak dikenal. Sopir dan seorang penumpang Granmax meninggal dunia.

Kecelakaan berikutnya terjadi Sabtu, 10 Juni 2023, di Tol Solo-Ngawi jalur B KM 530.800, tepatnya di Desa Singopadu, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Kecelakaan beruntun ini dimulai saat mobil moks B 9042 FEN menyeruduk truk Mitsubishi Fuso H 8629 BA bermuatan 28 sapi. Kejadiannya pukul 03.40 WIB.

Kecelakaan itu menimbulkan kecelakaan lain karena sapi di truk berlarian ke tengah jalan tol. Ada dua sapi yang tertabrak Toyota Innova dan Toyota Calya. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden ini, hanya 6 sapi tewas.

Lalu, pada Selasa, 27 Juni 2023, kembali terjadi kecelakaan lalu lintas di tol Solo-Ngawi, tepatnya di jalur B KM 518.800 yang masuk wilayah Desa Karangmalang, Kecamatan Masaran, Sragen. Waktu kejadian sekitar pukul 04.15 WIB.

Kecelakaan ini melibatkan Isuzu Elf bernopol M 7379 V mengangkut 12 penumpang plus sopir serta truk Mitsubishi Fuso berpelat nomor AB 8673 OD. Elf tersebut menyeruduk truk yang membuat tiga orang meninggal dunia dan sepuluh lainnya luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya