SOLOPOS.COM - Penilaian perlombaan pemenuhan dan penyelenggaraan makanan bagi warga binaan di LP Kelas IIB Klaten, Kamis (14/4/2022). LP Kelas IIB Klaten mewakili Kanwil Kemenkumham Jateng mengikuti perlombaan penyelenggaraan makanan bagi warga binaan pemasyarakatan tingkat nasional.

Solopos.com, KLATEN –Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Klaten mewakili Kanwil Kemenkumham Jateng mengikuti perlombaan penyelenggaraan makanan bagi warga binaan pemasyarakatan secara nasional. Lomba tersebut diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Perlombaan tingkat nasional itu dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Kompetisi tersebut merupakan perlombaan pemenuhan dan penyelenggaraan makanan bagi warga binaan yang dilaksanakan di setiap unit pelaksana teknis (UPT). Hal itu mencakup higienis, mutu makanan, cara pengolahan, cara penyajian, distribusi, kebersihan dapur, kebersihan sanitasi, serta kecukupan nilai gizi setiap makanan yang di sajikan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penilaian lomba dilakukan Ketua tim Penilai Perlombaan Pemenuhan dan Penyelenggaraan Makanan bagi Warga Binaan dari Dirjen Pemasyarakatan, Pahrudin Saputra dengan didampingi Kabid Yantahkeswat Kanwil Kemenkumham Jateng, Kusbiantoro. Tim penilai mencermati, meneliti, dan mengontrol penilaian disetiap sudut dapur LP Kelas IIB Klaten. Tim penilai melihat langsung pemasakan dan mewawancarai staf perawatan dan petugas dapur.

Baca Juga: Salut, 20 Napi Ini Bangun Masjid Megah di Dalam Penjara Klaten

Alhamdulillah, kami diikutkan dalam lomba penyajian makanan tahun ini mewakili Kanwil Kemekumham Jateng. Selama ini, penyelenggaraan makanan di LP Kelas IIB Klaten sudah berjalan baik dan sesuai aturan. Kami selalu berusaha dan memastikan hak-hak warga binaan agar bisa terpenuhi, termasuk pemberian makanan yang layak. Ini menjadi sebuah tantangan, LP Kelas IIB Klaten mewakili seluruh UPT Pemasyarakatan di Jateng dan bisa masuk 6 besar. Mudah mudahan sesuai harapan,” kata Kepala LP Kelas IIB Klaten, Ahmad Fauzi, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (14/4/2022) malam.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahrudin, turut berkunjung ke LP Kelas II B Klaten. Kunjungan tersebut bertepatan dengan pelaksanaan penilaian lomba penyelenggara makanan yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM RI menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Yuspahrudin mengecek kondisi blok hunian warga binaan didampingi Kabid Yantahkeswat Kanwil Kemenkumham Jateng, Kusbiantoro.

Selanjutnya, mengontrol ruang dapur hingga sarana edukasi dan pembinaan kemandirian di LP Kelas IIB Klaten. Beberapa sarana edukasi yang tersedia di LP Kelas IIB Klaten, berupa ternak bebek, ternak lele, ternak ayam ras, pembuatan sangkar burung, budi daya maggot guna mengurai sampah di LP.

Baca Juga: Keluar LP, Penjual Taoge Klaten Ini Langsung Sujud Syukur

Saat mengecek ruang dapur, Yuspahrudin menyampaikan beberapa pesan ke petugas di dapur. Hal itu, seperti harus selalu menjaga kebersihan, menjaga higienis mutu makanan yang di sajikan, dan menu yang harus beragam. Yuspahrudin juga sempat melihat limbah dapur berupa minyak goreng bekas digunakan untuk memasak.

“Wah ini tergolong masih jernih, sekali pakai. Jangan digunakan berulang-ulang sampai warnanya hitam pekat karena tidak baik untuk kesehatan. Perhatikan jumlah pengiriman bahan makanan dan sesuaikan dengan permintaan,” kata Yuspahrudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya