SOLOPOS.COM - Banjir menggenangi rumah warga di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, akibat luapan sungai, Jumat (23/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Camat Pasar Kliwon, Solo, Ahmad Khoironi, mengungkapkan banjir akibat hujan deras pada Jumat (23/12/2022) sore hingga malam melanda lima kelurahan di kecamatan tersebut. Tingginya intensitas hujan membuat ratusan rumah warga di lima kelurahan terendam luapan air Kali Jenes.

Saat ini, warga masih bertahan di rumah masing-masing sembari menunggu banjir surut. Hujan lebat dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Solo mulai pukul 15.00 WIB. Hal ini membuat ketinggian air Kali Jenes bertambah secara signifikan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Air sungai mulai meluap dan menggenangi rumah penduduk sekitar pukul 17.00 WIB. Ratusan unit rumah penduduk terendam banjir luapan Kali Jenes.

“Ada lima kelurahan yang terdampak banjir Kali Jenes Solo, yakni Kelurahan Joyosuran, Kelurahan Mojo, Kelurahan Semanggi, Kelurahan Sangkrah, dan Kelurahan Pasar Kliwon,” kata Ahmad Khoironi, kepada Solopos.com, Jumat (23/12/2022) malam.

Warga memilih bertahan di rumah sembari menunggu banjir surut. Namun, sukarelawan bencana alam dan anggota linmas disiagakan di setiap kelurahan. Mereka siap mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumah.

Baca Juga: Hujan Deras Bikin 2 Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Semanggi Solo Kebanjiran

Roni, sapaan akrabnya, mengatakan daerah terdampak banjir paling parah adalah Kelurahan Semanggi. “Ada empat RW di Kelurahan Semanggi yang terendam banjir. Lokasi permukiman penduduk di sana memang di dekat kali,” paparnya.

Saat ini, pemerintah kelurahan bersama sukarelawan bencana alam tengah mempersiapkan dapur umum di setiap RW. Dapur umum itu digunakan untuk memasak makanan dan minuman yang disalurkan ke warga terdampak banjir.

“Ada empat dapur umum yang tengah disiapkan di setiap RW,” tuturnya. Sebelumnya, Lurah Semanggi Solo, Agus Suharto, mengatakan ada empat RW di wilayahnya yang terkena banjir akibat luapan Kali Jenes dan Kali Pepe, Jumat.

Baca Juga: Kali Kecing Semanggi Solo Meluap, Air Masuk Rumah hingga Lutut Orang Dewasa

Empat RW itu yakni RW 010 dan RW 011 yang terdampak luapan Kali Pepe sementara RW 012 dan RW 013 terdampak luapan Kali Jenes. Ketinggian air banjir di wilayah-wilayah itu mencapai di atas lutut orang dewasa. Total rumah warga yang kebanjiran di Semanggi mencapai ratusan unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya