SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TPA MOJOREJO--Sejumlah pemulung memilah-milah sampah di tempat pebuangan akhir (TPA) di Desa Mojorejo, Bendosari, Sukoharjo, Rabu (23/2/2011). (dok SOLOPOS)

SUKOHARJO--Sampah Sukoharjo yang berada di tempat pembuangan akhir (TPA) Mojorejo, Bendosari diminati investor asal Jerman. Investor itu menyanggupi mengolahnya menjadi sumber energi terbarukan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami sedang menggagasnya agar bisa direalisasi karena investor asal Jerman itu bersedia menyediakan alat khusus secara gratis. Tetapi kami menghadapi kendala, sebab minimal jumlah sampah yang tersedia minimal 600 ton per hari, sebab sekarang ini sampah yang ada di Sukoharjo baru 150-160 ton per hari,” papar Kepala DPU Sukoharjo, AA Bambang Haryanto, akhir pekan kemarin.

Guna merealisasikan proyek tersebut pihaknya akan menjajaki kerja sama dengan sejumlah daerah di Soloraya. Dengan demikian kebutuhan minimal sampah yang dibutuhkan bisa tersedia.

Namun hal itu dinilai tak mudah sebab daerah lain tersebut juga ada yang memanfaatkan limbah ini untuk diolah sendiri.

Menurut dia sumber energi terbarukan yang mampu di hasilkan dari pengolahan sampah tersebut berupa listrik dan pupuk organik. Jika proyek itu bisa terealisasi kedua produk tersebut nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri bagi kabupaten dan masyarakat.

Karena itu, papar Bambang, pihaknya kini berusaha mengoptimalkan sampah buangan masyarakat dari seluruh rumah tangga di Sukoharjo. Sebab saat ini pengelolaan sampah di beberapa perumahan di wilayahnya dinilai belum optimal.

“Kalaupun terpaksa harus membeli sampah itu kesannya memang terlalu dipaksakan dan sulit. Karena masing masing daerah ini juga berlomba ingin menggaet investor Jerman tersebut,” ungkap dia.

Lebih lanjut Bambang mengutarakan selama ini warga sering membuang sampah secara swadaya atau dengan cara dibakar atau dibuang ke tempat ilegal. Diharapkan jika pengelolaan sampah itu dikelola maksimal akan menambah volume sampah di TPA Mojorejo.

JIBI/SOLOPOS/Iskandar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya