SOLOPOS.COM - Buah-buahan dalam acara Bersih Kali Sendang di Boyolali, Jumat (9/9/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI — Sebagai desa wisata rintisan di Boyolali, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel memiliki tradisi unik yakni Bersih Kali Sendang di Dusun Beji setiap tahun.

Tradisi itu dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas panen hasil pertanian serta tanaman pekarangan warga.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Pada hari ini, masyarakat mencurahkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah banyak memberikan nikmatnya, terutama nikmat sehat, kemudian dengan hasil pertanian yang melimpah,” ucap Kepala Desa Sidomulyo, Moh Sawali.

Moh Sawali mengatakan Tradisi Bersih Sendang awalnya hanya dilakukan oleh warga Dusun II. Namun kali ini acara tersebut ditingkatkan skala-nya dengan melibatkan seluruh warga Desa Sidomulyo, Jumat (9/9/2022).

Dalam tradisinya, warga mengkirab lima gunungan besar yang berisi beragam jenis hasil pertanian. Kirab dimulai dari lapangan desa menuju Kali Sendang.

Baca juga: Punya Julukan Boyolali Tersenyum, Ini Maknanya

“Lima gunungan itu menggambarkan bahwa masyarakat Desa Sidomulyo khususnya itu sangat cocok dengan ideologi negara, yaitu Pancasila. Gunungan terdiri atas hasil bumi, kemudian buah-buahan, hasil sayuran dan sebagainya,” ucap dia.

Kemudian, warga di Dusun Beji masing-masing membawa satu tumpeng nasi beserta lauk dan jajanannya. Tumpeng tersebut kemudian dimakan bersama-sama oleh warga di Kali Sendang.

Melalui tradisi dan kebudayaan yang ada di Desa Sidomulyo, Moh Sawali ingin desanya menjadi desa rintisan wisata sebenarnya, ditopang potensi Kawasan Pekarangan Rumah Lestari (KRPL) dari 37 RT di Desa Sidomulyo.

Sekaligus memaksimalkan potensi-potensi lokal lainnya yang ada di Desa Sidomulyo.

Tokoh masyarakat Dusun Beji, Sarjono, mengatakan awalnya acara bersih sendang berupa kenduri makanan yang disajikan oleh masyarakat Dusun Beji.

Baca juga: Mengenal Komunitas Darma Boyolali, Tempat Dalang Remaja Berkreasi

“Berbagai hasil, ada tanaman buah, tanaman pangan, baik itu yang palawija, dan sebagainya. Termasuk hasil UMKM Sidomulyo ditampilkan sebagai wujud rasa syukur,” ucap dia.

Di sisi lain, Desa Sidomulyo juga mendapat Surat Keputusan (SK) Bupati soal Desa Wisata Rintisan di Kecamatan Ampel.

Momen ini dimanfaatkan desa sekaligus untuk memperkenalkan salah satu budaya di Sidomulyo, salah satunya di Beji ini,” ucap dia.

Menurut Sarjono, Bersih Kali Sendang tersebut bisa menjadi cikal bakal dan dikembangkan oleh pemerintah Desa Sidomulyo.

Sehingga bisa dikenal ditingkat yang lebih luas, khususnya di Kabupaten Boyolali hingga tingkat provinsi maupun nasional.

Baca juga: Pamong Budaya di Boyolali Perlu Ditambah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya