SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Ilustrasi (Antara)

KARANGANYAR–Warga Dusun Ngledok, Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan memilih lokasi transmigrasi di Pulau Sumatra. Pasalnya, jarak antara Pulau Sumatra dengan Pulau Jawa lebih dekat dibanding pulau lainnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Seorang warga Dusun Ngledok, Suratman, mengatakan mayoritas warga Dusun Ngledok memilih Pulau Sumatra sebagai lokasi transmigrasi. Selain jarak lebih dekat, warga Karanganyar yang bertransmigrasi ke Pulau Sumatra lebih banyak dibanding pulau lainnya. “Dari 121 keluarga, hanya lima-10 keluarga yang memilih lokasi Pulau Kalimantan,” katanya saat ditemui Solopos.com, Senin (9/4/2012).

Ada beberapa keluarga yang kerabatnya telah bertransmigrasi ke Pulau Sumatra terlebih dahulu. Saat ini, mereka telah sukses mengolah kebun kelapa sawit di Pulau Andalas tersebut. Sehingga, warga juga ingin mengalami kondisi serupa di lokasi transmigrasi. Kendati demikian, Suratman menyerahkan proses pengiriman para transmigran kepada instansi terkait.

“Pengennya lokasi di Pulau Sumatra tapi kalau dikirim ke pulau lainnya kami tetap bersedia berangkat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar, Sumarno melalui Kepala Bidang Transmigrasi, Ida Wijayanti, menjelaskan alokasi transmigrasi yang diberikan pemerintah pusat tahun 2012 sebanyak 25 keluarga .

Para transmigran akan dikirim ke  Kabupaten Tanjung Aur, Propinsi Bengkulu Selatan sebanyak 15 keluarga dan Samarinda, Kalimantan Timur sebanyak 10 keluarga. Pihaknya akan melakukan penjajakan terlebih dahulu ke lokasi transmigrasi. “Minggu ini Bupati Karanganyar, Rina Iriani akan berangkat ke Samarinda untuk melakukan penjajajakan dahulu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya