SOLOPOS.COM - Truk pengangkut material tanah uruk tol terguling di jalan Wedi-Bayat, Desa Brangkal, Kecamatan Wedi, Klaten, Rabu (22/2/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Satu unit truk pengangkut material uruk proyek tol Solo-Jogja terguling dan menimpa rumah di ruas jalan raya Wedi-Bayat, Klaten, Rabu (22/2/2023). Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, roda sisi kiri truk itu terperosok gorong-gorong yang tanahnya ambles di ruas jalan raya Wedi-Bayat, Desa Brangkal, Kecamatan Wedi. Sebagian badan truk bermuatan tanah uruk itu menimpa bagian depan rumah kayu di dekatnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Arus lalu lintas di sekitar lokasi masih lancar. Salah satu penghuni rumah, Mulyono, 50, menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, dia sedang berada di samping rumah. Rumah tersebut ditempati Mulyono bersama kakak serta ibunya.

“Saat itu kakak saya sudah keluar rumah. Ibu sedang di belakang. Sekitar pukul 07.00 WIB, tiba-tiba terdengar suara keras. Kemudian saya cek truk sudah mengenai rumah,” kata Mulyono saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Rabu.

Mulyono menjelaskan bagian depan rumah yang ditempati rusak akibat kena timpa truk proyek tol yang terguling di jalan Wedi-Bayat, Klaten, itu. Kerusakan terutama pada gebyok kayu. “Bagian depan itu merupakan bekas toko,” jelas dia.

Sopir truk, Jamal, 25, mengatakan truknya bermuatan material uruk untuk proyek pembangunan tol Solo-Jogja. Sedianya, uruk tersebut dibawa ke lokasi proyek tol di wilayah Kecamatan Ngawen. Jamal tak mengalami luka akibat kejadian tersebut.

Kapolsek Wedi, AKP Ismail, menjelaskan peristiwa itu bermula ketika truk melaju dari arah jalan di Desa Kadibolo, Kecamatan Wedi, menuju ruas jalan Wedi-Bayat. Saat membelok menuju jalan raya, truk diduga berjalan terlalu ke kiri dan melewati tanah di samping jalan.

Tanah di atas gorong-gorong ambles hingga truk terguling mengenai bagian depan rumah. Nilai kerusakan rumah akibat kejadian itu sekitar Rp2 juta.

Ismail menjelaskan sudah ada kesepakatan antara pemilik truk dengan penghuni rumah. Kerusakan rumah akibat terkena bodi truk tersebut bakal diperbaiki oleh pemilik truk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya