SOLOPOS.COM - Para petugas Satpol PP mengatur antrian pembagian bingkisan Ramadan untuk 1.952 orang pekerja marginal di Pendapa Sumonegaran Sragen pada Jumat (29/3/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN—Seribuan orang berkumpul di halaman depan Pendapa Sumonegaran, Sragen, Jumat (29/3/2024). Sebanyak 1.952 orang itu duduk lesehan menunggu antrean bingkisan Ramadan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Bingkisan Ramadan itu diserahkan langsung Bupati dan Wakil Bupati Sragen untuk memberi kegembiraan menjelang Lebaran kepada 19 kelompok pekerja marginal Sragen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kelompok marginal itu berasal dari paguyuban tukang becak, tukang bentor, kusir bendi Alun-alun, juru parkir, kuli gendong Pasar Bunder, kuli panggul Pasar Bunder, manol Pasar Nglangon, petugas kebersihan, petugas penarik sampah rumahan, hingga para pedagang kaki lima (PKL) yang tersebar di Sragen.

Setiap tahun kelompok marginal ini mendapatkan bingkisan Ramadan dari Pemkab Sragen sejak Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjabat Bupati. Bingkisan Ramadan yang mereka terima ini merupakan tahun ke delapan.

Di antaranya ada yang sakit tetap datang demi mendapatkan bingkisan berisi sembako senilai Rp120.000 yang terdiri atas beras 3 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, the, dan kecap. Bingkisan itu sangat berarti bagi Suhardi, 70, tukang becak asal Dukuh Plasan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Sragen.

Dia mengaku sudah 18 tahun menjadi tukang becak yang belakangan pendapatannya pas-pasan. Ia biasa mangkal di sebelah barat Pasar Bunder Sragen untuk mencari penumpang para pengunjung pasar yang pulang berbelanja.

“Sehari itu hanya dapat Rp50.000. Uang itu didapat dari hasil lima kali tarikan penumpang karena setiap penumpang hanya mendapat upah Rp10.000. Bingkisan ini sangat berarti bagi kami. Satu tas berisi sembako ini nilanya sama dengan hasil upah selama tiga hari,” ujar Suhardi saat berbincang dengan Solopos.com.

Sebelum pandemic Covid-19, Suhardi masih bisa tersenyum karena penghasilan hariannya cukup lumayan. Sejak Corona sampai sekarang, Suhardi harus bersabar karena penghasilan menurun cukup drastis. Penghasilan Rp50.000 itu pun didapat saat kondisi ramai penumpang.

Kegembiraan juga terlihat di wajah Lasiyem, 56, seorang kuli gendong di Pasar Bunder Sragen. Ia datang bersama temannya sesame kuli gendong untuk mengambil bingkisan dengan cara mengantre cukup lama. Lasiyem menjadi kuli gendong selama 15 tahun. Meskipun hasilnya tidak mesti, pekerjaan itu tetap dilakoninya.

“Sehari kadang dapat Rp30.000-Rp50.000. Biasanya mulai mangkal di pasar mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sekarang harga apa-apa mahal. Saya senang dapat bingkisan dari Ibu Bupati. Ya, nilai bingkisan sama dengan hasil upah bekerja selama tiga hari,” jelasnya.

Bingkisan Ramadan dari Pemkab Sragen sebanyak 1.952 paket itu ludes dalam waktu 1 jam. Pembagiannya pun berlangsung tertib meskipun antrean mengular. Seribuan warga tidak sampai berdesak-desakan untuk mendapatkan bingkisan karena mereka sudah membawa kupon dan dipastikan mendapat bingkisan setiap orangnya.

Yuni, sapaan Bupati, ikut mengatur langsung antrean biar tidak menumpuk. Bahkan bingkisan yang disiapkan sempat kehabisan sehingga harus mengeluarkan bingkisan yang ada di mobil boks. Semua bingkisan itu diadakan bukan dari dana APBD melainkan bantuan dari perusahaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Matra dari aparatur sipil negara (ASN).

“Jadi mohon bingkisan diterima dengan ikhlas meskipun sedikit agar yang memberi juga ikhlas. Jangan dilihat isinya karena hanya beras 3 kg, gula 1 kg, minyak 1 liter, teh, dan kecap. Tidak ada telurnya,” kata Yuni.

Yuni berterima kasih kepada masyarakat kepada Pemkab di bawah kepemimpinan Yuni-Suroto. Yuni menyampaikan kepemimpinan akan berakhir dan segera akan diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dia berharap pemimpin berikutnya amanah dan tidak korupsi sehingga menyejahterakan rakyatnya.

“Paket sembako ini diberikan kepada para pekerja seperti kuli gendong, penyapu jalan, tukang becak, tukang bentor, pemungut sampah, juru parkir, dan seterusnya. Alhamdulillah 1.900-an paket sembako selesai dibagikan dalam 1 jam. Saya kira semua tepat sasaran karena sebelumnya sudah didata,” ujar Yuni.

Yuni menyampaikan ini merupakan pemberian bingkisan Ramadan di tahun terakhir menjabat. Dia berharap Bupati berikutnya bisa menersukan program yang baik ini. “Yang kurang baik diperbaiki, yang belum sempurna disempurnakan supaya sustainable pembangunan ada,” jelasnya.

Berikut Daftar Penerima Bingkisan Sembako Ramadan Bupati Sragen 2024

  1. Paguyuban becak kayuh                                    195 orang
  2. Paguyuan bentor                                                 167 orang
  3. Bendi Alun-alun                                                   14 orang
  4. Paguyuban parkir                                               523 orang
  5. Buruh gendong Pasar Bunder                          128 orang
  6. Kuli panggul Pasar Bunder                                 70 orang
  7. Manol Pasar Nglangon                                           7 orang
  8. Petugas kebersihan pasar                                   115 orang
  9. PKL pasar tiban                                                    100 orang
  10. PKL CFD Jl. Raya Sukowati                               150 orang
  11. PKL Masaran                                                             8 orang
  12. PKL Taman Krido Anggo                                      24 orang
  13. PKL depan SDN 4 dan 8 Sragen + SMAN 1      60 orang
  14. PKL Kartini                                                              52 orang
  15. Petugas kebersihan Taman                                  63 orang
  16. Petugas parkir Krido Anggo                                 23 orang
  17. Paguyuban Lingkungan Asri Sentosa                87 orang
  18. Petugas kebersihan                                              134 orang
  19. PKL Taruna                                                             32 orang

Total                                                                                1.952 orang

Sumber: Bagian Kesra Setda Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya