SOLOPOS.COM - Peserta program tular Nalar di Monumen Pers Nasional Solo, Rabu (19/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Tular Nalar, program yang didedikasikan untuk memajukan literasi digital dan critical thinking, menggelar kelas Sekolah Kebangsaan dan Akademi Digital Lansia secara bersamaan di 16 wilayah (Aceh, Medan, Bengkulu, Bandung, Purworejo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Kalimantan Utara, Banjarmasin, Makassar, Manado, Lombok Utara, Maluku, Jayapura) pada Selasa-Rabu (19-20/9/2023).

Program yang diinisiasi Mafindo dan didukung oleh Google.org, dengan Love Frankie sebagai mitra pelaksana ini bertujuan memberdayakan first-time voters, pre-lansia, dan lansia di seluruh Indonesia.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sistem pendidikan konvensional kurang menyediakan pembekalan yang cukup bagi pada pelajar, utamanya sebagai first-time voters dengan skill yang diperlukan untuk mengarungi dunia digital secara efektif, apalagi menjelang Pemilu 2024.

Tular Nalar, sebagai program yang berakar kuat pada prinsip-prinsip demokrasi, maju memberikan solusi dan mengisi kekosongan tersebut dengan metode pendekatan prebunking atau pengideraan, yang secara proaktif menjadi vaksin untuk memperlambat penyebaran konten dan berita hoaks pra-pemilu, ujaran kebencian, dan misinformasi yang bermuatan kacau isi, kacau emosi, dan kacau diri.

Di Kota Solo, Akademi Digital Lansia diselenggarakan di Ruang Utama Monumen Pers Solo, Rabu (20/9/2023). Sebanyak 111 orang hadir sebagai peserta dalam pelatihan Penginderaan Hoaks Pemilu yang difasilitasi oleh 10 orang fasiltator dari unsur relawan Mafindo Soloraya dan mitra, Komunitas Emak Blogger.

“Para peserta adalah warga pra-Lansia dan Lansia yang berasal dari komunitas Alzi atau Alzheimer Indonesia Soloraya dan Grup Senam Alzi Happy Land,” terang PIC Tular Nalar Wilayah Soloraya, Erwina, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (21/9/2023).

Alzi atau Alzheimer Indonesia merupakan organisasi nonprofit yang memiliki visi dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang dengan dimensia dan Alzheimer, family caregiver Lansia dan lintas generasi Indonesia.

Ketua Alzi Soloraya, Mariska Ningsih, menyatakan sangat gembira dan mengapresiasi upaya Mafindo mengajak para warga pra-Lansia dan Lansia untuk belajar tentang literasi digital, khususnya terkait hoaks Pemilu.

“Kami sangat senang, karena acara ini membekali kami para Lansia agar melek teknologi sehingga tidak mudah terkena hasutan, hoaks maupun ujaran kebencian,” ujar dia.

Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, mengutarakan bahwa dengan dukungan berkelanjutan dari Google.org, Mafindo merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Love Frankie, Think Policy, Perludem, Ruangguru, para pakar dan aktivis literasi lainnya untuk memperluas program Tular Nalar di 38 provinsi.

“Hal ini akan mendukung upaya kami sebelumnya dalam memberdayakan penerima manfaat, terutama first-time votters dan lansia dengan critical thinking untuk mengenali dan mencegah penyebaran hoaks, misinformasi, dan ujaran kebencian terkait pemilu,” jelas dia.

Direktur Love Frankie, Matt Love, juga menekankan saat ini Indonesia berada pada titik kritis ditengah badai informasi digital.

Tantangan hoaks dan misinformasi bukan hanya menjadi sekedar gangguan selewat tetapi juga ujian ketahanan kolektif atas norma dan demokrasi. Urgensi untuk mengatasi krisis literasi digital tidak pernah lebih terasa seperti sekarang.

Bagi first-time voters yang memainkan peran penting dalam membentuk masa depan bangsa, kemampuan untuk mengidentifikasi dan menangkal potensi misinformasi bukan hanya aset; tapi suatu keharusan.

“Bagi Love Frankie, kolaborasi kami dengan Mafindo dalam program Tular Nalar lebih dari sekadar kemitraan. Ini adalah upaya terpadu untuk membekali first-time voters ini dengan keahlian prebunking. Dan saat kita mendekati Pemilu 2024, kolaborasi ini pun bertujuan untuk memperkuat pertahanan lanskap digital kita, memastikan setiap warga negara, terutama first-time voters, dapat dengan percaya diri menavigasi lautan informasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi untuk masa depan Indonesia.”

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kasong, mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Mafindo, sebagai mitra pemerintah.

“Kami sangat terbantu sekali oleh Mafindo karena dengan kerja sama ini kita bisa mengedukasi masyarakat tentang informasi akurat, ataukah hoaks. Apakah itu misinformasi, disinformasi dan malinformasi. Mudah-mudahan Pemilu 2024 berlangsung tertib aman damai, jujur adil dan terpilih calon yang terbaik untuk memimpin bangsa ini ke depan.” Usman Kasong menyempatkan hadir sejenak di kelas ADL di sela-sela kunjungan kerjanya ke Monumen Pers Solo, Rabu (20/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya