SOLOPOS.COM - Caleg PDIP di DPRD Solo pada Pemilu 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Pemilu Legislatif 2024 menjadi ajang pembuktikan sejumlah Caleg pendatang baru di DPRD Kota Solo.

Berdasarkan real count KPU Solo dan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (19/2/2024) siang, beberapa Caleg wajah baru punya kans besar lolos ke Karangasem, Laweyan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mulai dari Dapil V Solo meliputi Kecamatan Jebres ada nama Rheo Fernandez, yang merupakan putra F.X. Hadi Rudyatmo. Perolehan suara Rheo rangking ke lima dari 12 Caleg PDIP di Dapil itu.

Dia mendapatkan sekitar 2.910 suara, di bawah Ngadiyo, Honda Hendarto, YF Sukasno, dan Sagita Puspita Wiranata. Di dapil tersebut PDIP sudah mengunci enam kursi, dan punya peluang satu kursi lagi.

Caleg pendatang baru lainnya yang punya kans besar lolos ke DPRD Solo adalah Kevin Fabiano. Caleg PDIP itu maju dari Dapil III Solo meliputi wilayah Banjarsari A. Suara dia terbilang meyakinkan.

Berdasarkan real count KPU hingga Senin siang, Kevin tercatat mendapatkan 1.931 suara. Perolehan suara Kevin hanya kalah dari Caleg petahana PDIP, Roro Indradi Sarwo Indah, dengan 2.730 suara.

Bila bisa mempertahankan menjadi rangking dua di internal partainya, Kevin bakal melenggang ke parlemen. Sebab dari prediksi sejumlah pihak, PDIP mendapatkan tiga kursi DPRD Solo di dapil itu.

Bergeser ke Dapil IV Solo meliputi Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Joglo, dan Kadipiro, ada nama Giyatno. Caleg muda tersebut memimpin perolehan suara sementara di internal PDIP di wilayah Dapil IV Solo.

Berdasarkan real count KPU hingga Senin pukul 14.30 WIB Giyat, panggilan akrabnya, mendapat 2.019 suara. Perolehan suara sebanyak itu, meninggalkan jauh perolehan suara Caleg PDIP di dapil itu.

Di dapil ini PDIP dikabarkan mendapatkan dua hingga tiga kursi DPRD Solo. Berpindah ke Dapil II Solo meliputi Laweyan, ada nama Sonny. Dia adalah Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo.

Berdasarkan informasi yang dia sampaikan, Sonny mendapatkan 5.567 suara. Dengan perolehan suara sebanyak itu, PSI mengunci satu kursi DPRD Solo di Laweyan. Mereka berharap bisa dua kursi.

Di Kecamatan Laweyan juga ada pendatang baru putri dari politikus kawakan Partai Golkar, Akbar Tandjung, yaitu Sekar Tandjung. Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar maju dari Dapil II Laweyan.

Merujuk real count KPU hingga menjelang sore, Sekar memimpin perolehan suara Caleg Partai Golkar di Laweyan. Dia mendapatkan 1.648 suara, unggul jauh dari Caleg-Caleg lain, termasuk petahana, seperti petahana Partai Golkar, Margono, yang baru mendapatkan 727 suara. Namun input data real count KPU belum mencapai 100 persen pada Senin siang. Artinya data suara Caleg potensial berubah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya