SOLOPOS.COM - Ilustrasi barang kebutuhan pokok (JIBI/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Nadhiroh)

SUKOHARJO-Harga minyak di sejumlah pasar Sukoharjo mengalami penurunan harga, menyusul turunnya hHarga minyak mentah dunia yang cenderung turun.Sepekan terakhir harga minyak goreng turun antara Rp500-Rp1.000 per kilogram (kg).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pedagang sembako di Pasar Sukoharjo, Sri Maryati, Jumat (1/6/2012), mengatakan harga minyak goreng terus mengalami penurunan sejak sebulan lalu. Namun, penurunan tertinggi ialah sepekan ini. “Sepekan ini harga turun sampai Rp1.000 per kilogram,” ungkapnya saat ditemui Espos, Jumat, di kiosnya.

Sri menjelaskan, penurunan harga minyak dimungkinkan karena banyaknya stok minyak. Pasalnya, sejak sepekan lalu agen minyak goreng yang mendatanginya selalu membawa minyak dalam jumlah banyak. “Enggak seperti sebulan lalu pas minyak goreng langka,” tambah Sri.

Menurut Sri, meski harga murah pembeli minyak goreng di kiosnya tak juga meningkat, malah cenderung sepi. Pasalnya, pembeli biasanya langsung membeli minyak dalam jumlah besar. Sementara saat minyak goreng langka, pembeli biasanya setiap hari mendatangi kios untuk belanja termasuk minyak.

Pedagang sembako lainnya, Manto, menjelaskan yang harganya mengalami penurunan tak hanya minyak goreng curah, namun juga kemasan isi ulang. Namun, penurunan minyak goreng isi ulang cenderung sedikit, per liter hanya sekitar Rp500.

Agen yang biasa memasok minyak goreng ke sejumlah pedagang di Pasar Sukoharjo, Sri Rahayu, menjelaskan penurunan harga sebenarnya telah terjadi sekitar dua pekan lalu. Ia menilai penurunan harga disebabkan banyaknya stok minyak goreng di sejumlah pedagang besar. Namun, meski harga minyak goreng cenderung menurun, pembelinya tak juga bertambah.

“Sama saja, pembeli seperti biasa,” ungkapnya saat ditemui solopos.com, Jumat, di tokonya.

Harga minyak goreng di Pasar Sukoharjo

Minyak Curah:
Sekarang        : Rp10.500-Rp11.000
Sebelumnya    : Rp11.500-Rp12.000

Minyak kemasan
Sekarang        : Rp11.000-Rp11.500
Sebelumnya    : Rp12.000-Rp12.500

Sumber: Pantauan Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya