SOLOPOS.COM - Petugas memberikan layanan waktu malam di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (3/9/2023). (Istimewa/Pemerintah Kelurahan Nusukan)

Solopos.com, SOLO–Aparatur sipil negara (ASN) di Kecamatan Banjarsari memberikan pelayanan malam hari tanpa upah lembur. Mereka ingin mengubah pola kerja ASN yang lama dan membuktikan integritas.

Camat Banjarsari Beni Supartono Putro menjelaskan tidak semua warga bisa mendapatkan izin dari tempat kerjanya untuk mengakses layanan publik di kelurahan siang hari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pernah mendapatkan aduan warga yang sulit dapat izin kantor sedangkan layanan kelurahan hanya pada jam kerja. Aduan itu bukan dari warga Kecamatan Banjarsari. Namun, sempat viral dan menjadi perhatian Gibran.

“Kami melakukan langkah-langkah preventif sebelum ada yang seperti itu karena memang ada masalah-masalah yang tidak terlayani pada saat siang itu ya harus segera dicari solusi. Birokrasi sudah harus berubah dan berubahnya nyata gitu loh,” jelas dia, Senin (4/9/2023).

Menurut dia, biasanya yang bertugas waktu malam terdiri atas dua orang staf dan satu pejabat. Mereka melayani warga di luar jam kantor secara bergantian.

“Kami melakukan ini bukan karena sesuatu. Memang jujur saja kami yang ada di wilayah ini kan memang ora tahu mulih gasik. Memang semuanya kan selalu overtime terus,” kata dia.

Dia mengatakan ASN yang bertugas di wilayah kelurahan bukanlah ASN baris kedua, namun ASN yang terdepan melayani masyarakat. Para ASN menunjukkan integritas dengan memberikan pelayanan lebih dengan total gaji dan tunjangan yang sama saja.

“Kami ingin sajikan kepada masyarakat termasuk apa namanya mindset dulu pegawai dledar dleder, udad udud, itu kami coba ubah mindset dengan pola-pola seperti ini. Di wilayah itu tak pernah mulih gasik karena ada banyak kegiatan di masyarakat,” papar dia.

Adapun sejumlah kelurahan mulai mengadopsi layanan sampai malam Pemerintah Kecamatan Banjarsari, yakni Kelurahan Nusukan dan Kelurahan Mangkubumen memberikan layanan Senin dan Kamis pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB sejak Agustus 2023.

Selain itu, Kelurahan Kadipiro sudah memberikan layanan tambahan Senin sampai Kamis pukul 16.00 WIB hingga 19.30 WIB. Layanan itu mulai diterapkan, Senin (4/9/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya