SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)-Kalangan DPRD Kota Solo mendukung pemberlakuan car free night atau malam bebas dari kendaraan bermotor yang diwacanakan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat. Rencananya, aturan itu akan diujicobakan di Jl Slamet Riyadi pada malam pergantian tahun 2011 ke 2012 mendatang.

Namun anggota Komisi IV DPRD Kota Solo, Reny Widyawati mengusulkan agar uji coba car free night dilakukan bukan pada malam pergantian tahun tanggal 31 Desember mendatang, melainkan pada peringatan Malam 1 Sura atau malam Tahun Baru Hijriyah atau malam tahun baru Islam. Tahun 2011 ini, peringatan Malam 1 Sura jatuh pada tanggal 27 Nopember mendatang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Menurut saya, momentumnya justru lebih pas saat Malam 1 Sura, atau malam Tahun Baru Islam. Sebab pada saat itu justru akan ada nilai kesakralannya, di samping ada nilai-nilai budaya yang bisa kita angkat sekaligus karena pada malam itu dari Keraton Mangkunegaran maupun Keraton Kasunanan Surakarta akan menyelenggarakan berbagai ritual atau upacara peringatan Malam 1 Sura,” ungkap Reny, Jumat (7/10/2011).

Sedang anggota Komisi III DPRD Kota Solo, Hartanti menilai selain akan mengurangi polusi udara di jalan protokol Solo, pemberlakuan car free night akan mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan Jl Slamet Riyadi yang biasa terjadi di Solo saat menjelang pergantian tahun tersebut. Namun menurut dia, bila aturan itu akan diterapkan rutin, perlu kajian lebih lanjut.

“Kalau untuk uji coba saya rasa tidak masalah. Saya mendukung penuh rencana itu. Namun kalau nantinya akan diterapkan rutin, tentu akan memerlukan kajian lebih mendalam. Mengingat di sepanjang Jl Slamet Riyadi juga terdapat kawasan bisnis dan perdagangan. Itu harus diperhatikan agar nantinya tidak merugikan masyarakat secara luas,” ujar Hartanti ketika ditemui wartawan di Gedung Dewan, Jumat (7/10/2011). sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya