SOLOPOS.COM - PEMBERANGKATAN MOBIL ESEMKA--Walikota Solo Joko Widodo didampingi Wawali FX Hadi Rudyatmo menaikkan mobil Esemka ke atas truk pengangkut menuju Jakarta untuk menjalani uji emisi ke dua saat akan diberangkatkan dari Solo Techno Park (STP) Solo, Senin (28/5/2012). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

PEMBERANGKATAN MOBIL ESEMKA--Walikota Solo Joko Widodo didampingi Wawali FX Hadi Rudyatmo menaikkan mobil Esemka ke atas truk pengangkut menuju Jakarta untuk menjalani uji emisi ke dua saat akan diberangkatkan dari Solo Techno Park (STP) Solo, Senin (28/5/2012). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Perlahan kendaraan bak terbuka pengangkut Esemka Rajawali, sejenis truk trailer bernomor polisi (Nopol) B 9421 DK melaju pelan keluar gedung teaching factorySolo Techno Park (STP), Senin (28/5/2012) siang. Dari arah belakang kendaraan, Gatot Herlambang, 16, siswa kelas satu SMKN 2 Solo bersama teman-temannya menatap penuh makna. Seolah tidak mau kehilangan sedetik pun momentum bersejarah pelepasan Esemka Rajawali menuju Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Serpong, Tangerang, guna menjalani uji emisi II.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya memang tidak ikut membuat Esemka. Tapi mudah-mudahan karya besar siswa SMK pendahulu saya ini bisa lolos uji emisi,” harapnya kepada Solopos.com. emaja asal Singopuran, Kartasura, Sukoharjo itu mengaku sangat bangga bila Esemka Rajawali bisa lolos uji emisi. Lebih-lebih bila bisa diproduksi secara massal sebagai embrio mobil nasional. “Bila Esemka lolos kami bisa lebih membuat mobil,” imbuhnya polos.

Siang itu, Gatot bersama puluhan teman sekolahnya ikut melepas keberangkatan Esemka menuju BTMP. Selain siswa SMK, sejumlah kepala satuan kerja parangkat daerah (SKPD kota, Camat Jebres, Basuki Anggoro Hexa dan beberapa lurah ikut melepas keberangkatan Esemka.

Seremonial sederhana pelepasan Esemka dipimpin langsung Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dan Wawali, FX Hadi Rudyatmo. Sebuah bendera bermotif papan catur dengan warna hitam-putih menjadi tanda keberangkatan Esemka. Untuk mengindari gangguan keamanan selama dalam perjalanan, Nopol AD 1 A dilepas. Begitu juga identitas kendaraan berupa tulisan Esemka Rajawali di samping kendaraan pun ditutup plester hitam. Langkah pengamanan terakhir yakni menutup keseluruhan mobil dengan kelambu abu-abu.

Di sela pelepasan Esemka, Jokowi meminta doa dan restu masyarakat Solo supaya perjalanan Esemka lancar dan selamat hingga BTMP. Sosok yang sedang disibukkan persiapan Pilkada DKI Jakarta itu juga memohon doa masyarakat supaya Esemka bisa lolos uji emisi. Bila nanti Esemka benar-benar lolos, Jokowi berjanji akan menggelar bancakan. “Semua sudah siap. Pak Rudy sudah ketuk pintu, saya juga sudah sampaikan supaya uji emisi dipermudah,” akunya.

Kendati tidak semeriah pelepasan sebelumnya, menurut Jokowi tidak mengurangi besarnya harapan dan optimisme wong Solo terhadap Esemka. Namun berbeda dengan sebelumnya, kali ini Jokowi tidak mau mengumbar optimisme terkait uji emisi Esemka. Dia juga tidak mau dituding berkampanye terkait Pilkada DKI Jakarta, bila pelepasan Esemka semeriah sebelumnya. Sedangkan FX Hadi Rudyatmo berjanji akan kembali mencukur habis rambut kepalanya bila Esemka lulus uji emisi. “Pasti, saya siap gundul lagi bila Esemka lolos,” katanya.

Kendati telah berangkat ke BTMP, namun jadwal uji emisi Esemka belum bisa dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya