SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Pemberangkatan dua unit mobil Kiat Esemka untuk uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi di Serpong, Tangerang, Banten kembali tertunda. Bahkan ada kemungkinan mobil-mobil itu tidak akan diberangkatkan sampai pertengahan Februari 2012.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelumnya, setelah batal memberangkatkan mobil tersebut pekan lalu, Walikota Solo, Joko Widodo menjadwalkan ulang pemberangkatan mobil untuk uji emisi Rabu (18/1/2012) ini. Namun, hingga Rabu sore, belum ada informasi mengenai pemberangkatan mobil tersebut.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono mengatakan secara teknis pihaknya sudah mempersiapkan kedua mobil yang akan dibawa untuk uji emisi itu. “Sudah siap, sudah diservis dan bisa diberangkatkan kapan saja. Rencananya kan dibawa oleh Walikota dan Wakil Walikota. Ya tinggal nunggu jadwal beliau berdua,” kata Gampang, saat dihubungi Espos.

Namun demikian, Walikota Solo, Joko Widodo rupanya menganggap persiapan itu masih belum cukup. Jokowi mengatakan secara teknis masih perlu penyempurnaan-penyempurnaan. Demikian pula dengan administrasi dan perizinannya. “Mungkin knalpotnya masih perlu ditambahi sesuatu agar gas buangnya benar-benar bersih. Nanti Pak Wakil juga rencananya mau membawa mobil itu berkeliling uji coba dengan jarak yang cukup jauh sebagai pemanasan. Misalnya ke Ngawi, Magetan atau ke mana saja yang cukup jauh,” kata Jokowi, saat ditemui wartawan di Balaikota, kemarin.

Mengenai teknis pemberangkatan apakah akan dikendarai sendiri atau menggunakan truk, Jokowi mengatakan masih belum diputuskan. Dia sendiri berharap mobil itu bisa dikendarai dan bukannya dinaikkan truk. Tapi ada beberapa hal yang masih jadi pertimbangan.

Pernyataan hampir senada diungkapkan Wawali, FX Hadi Rudyatmo. Ditemui wartawan, Selasa, Rudy, sapaan akrabnya, juga mengharapkan bisa mengendarai mobil itu bersama Walikota sampai ke Tangerang. Mengenai waktunya, Rudy yang saat diwawancarai baru akan berangkat ke Makassar untuk melayat besannya yang meninggal dunia mengatakan kemungkinan baru akhir Januari atau pertengahan Februari mobil-mobil itu bisa diberangkatkan ke Tangerang.

Uji emisi mobil Esemka yang akan dilakukan itu merupakan persyaratan terakhir yang harus ditempuh untuk mendapat sertifikat uji tipe (SUT). Jika sudah mendapat SUT, maka Esemka bisa diproduksi secara massal.

JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya