SOLOPOS.COM - Ilustrasi kunci jawaban UN (JIBI/Solopos/Dok.)

BUKTI JAWABAN—Koordinator pengawas Ujian Nasional (UN) di Sukodono menunjukkan bukti jawaban ujian nasional (UN) yang disita pengawas di sebuah sekolah swasta di Kecamatan Sukodono, Sragen, Kamis (26/4/2012). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

SRAGEN – Dua orang pengawas menemukan bocoran jawaban ujian nasional (UN) dari dua orang siswa di SMP swasta di Kecamatan Sukodono, Sragen. Kedua orang pengawas itu menyampaikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen dalam bentuk berita acara pengawasan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dua pengawas yang berasal dari SMP negeri di Sukodono itu enggan disebut namanya saat dijumpai wartawan, Kamis (26/4/2012), di sekolah mereka. Keduanya mengaku menjadi pengawas UN dalam satu ruang di sekolah swasta yang tak jauh dari sekolah tempat mereka bekerja, Rabu (25/4/2012). Mereka menemukan jawaban UN itu pada secarik kertas di dalam saku baju siswa.

“Saat itu jadwal mata pejalanan yang diujikan matematika. Waktu baru berjalan 30 menit, tapi ada siswa perempuan yang selesai menjawab 30 soal. Saya curiga dan saya perhatikan ternyata ada secarik kertas di kantong sakunya. Saya ambil kerta itu, ternyata sebuah kunci jawaban,” ujar salah satu pengawas itu.

Pengawas lain yang mengawasi dalam satu orang juga menemukan secarik kertas jawaban UN di saku seorang siswa laki-laki. Atas temuan tersebut, kedua pengawas UN itupun menyampaikan kepada koordinator pengawas atasannya. Mereka pun diminta membuat berita acara pengawasan yang menerangkan adanya indikasi kecurangan.

Anggota Pengawas Sub Rayon Sukodono, Suparno, membenarkan telah menerima laporan dua pengawas itu. Bukti secarik lembar jawaban itu pun, kata dia, juga sudah diterimanya. “Terlepas dari salah atau benar kunci jawaban itu sudah menunjukkan indikasi kecurangan. Saya sudah sampaikan lembar jawaban itu ke Disdik Sragen. Banyak siswa di sekolah kami yang protes kepada guru bila di sekolah lain diberi bocoran soal,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya