SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

Ujian Nasional 2015 selesai digelar. MKKS SMK Wonogiri menolak UN ulang terkait kebocoran soal.

Solopos.com, WONOGIRI Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK di Wonogiri menolak ujian nasional (UN) ulang. MKKS meminta UN ulang dilaksanakan di daerah yang diketahui kebocoran, tidak di seluruh wilayah Tanah Air.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pengulangan UN secara menyeluruh akan merugikan anak didik yang tidak mengetahui bocornya soal UN. Hal itu disampaikan Ketua MKKS SMK Wonogiri, Suwandi, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Sabtu (18/4/2015).

“UN ulang lebih bijak dilaksanakan di daerah yang diduga mengalami kebocoran soal. Kami mendengar kebocoran soal UN terjadi di Jatim, ya UN ulang digelar di daerah itu saja jangan digeneralisasi,” kata Suwandi.

Suwandi mengatakan isu kebocoran soal UN tidak berdampak di Wonogiri. Para peserta UN di Wonogiri tidak terpengaruh isu bocornya soal UN.

Hal senada disampaikan Kepala SMK Muhammadiyah Purwantoro, Imron Rosyidi. Imron mengatakan anak didiknya tidak tahu adanya kebocoran soal UN. “Anak-anak justru bingung ketika ditanya soal kebocoran UN,” kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, mengatakan pada 2014, Wonogiri masuk 52 kabupaten/kota yang berjuluk kabupaten/kota putih. Hal itu karena para siswa dalam melaksanakan UN jujur atau bersih.

“Pada 2014, Provinsi Jateng menjadi provinsi putih dalam melaksanakan UN dan Wonogiri masuk peringkat 52 kabupaten/kota putih se-Indonesia. Tahun ini mudah-mudahan predikat kabupaten putih masih dipegang Wonogiri,” kata dia.

Siswanto mengatakan kebocoran soal UN tidak berdampak di Wonogiri. Namun demikian, ia tak berani menolak jika pemerintah pusat memutuskan UN harus diulang. Siswanto menunggu kebijakan pemerintah.

Berdasarkan pemantauan Solopos.com, UN di Wonogiri berjalan lancar. UN diikuti sekitar 9.302 pelajar kelas XII.  Hanya ada satu sekolah yang mengikuti UN berbasis komputer atau computer based test (CBT), yakni SMAN 2 Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya