SOLOPOS.COM - Warga Banyuanyar dan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, menangkap ular piton sepanjang tiga meter di Jembatan Sumpingan di perbatasan dua kelurahan itu, Senin (18/3/2024).(Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Seekor ular piton dengan panjang sekira tiga meter ditangkap warga di bawah Jembatan Sumpingan di perbatasan Kelurahan Kadipiro dan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (18/3/2024) malam.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, ular tersebut kali pertama dilihat oleh Supriyanto, warga Sukomulyo, Kadipiro. Ketika itu dia bermaksud berburu ikan kuthuk menggunakan senapan angin di sekitar jembatan.
Saat mengamati air sungai dari jembatan, Supriyanto justru melihat ular itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya niatnya berburu ikan kuthuk. Tapi malah ada ular ini. Akhirnya ya saya turun ke sungai, saya tembak pakai senapan angin, lalu saya tangkap,” tutur dia.

Tembakan Supriyanto mengenai bagian kepala ular. “Saya bidik, kena bagian kepalanya,” imbuh dia.

Selanjutnya dia dibantu warga sekitar untuk membawa ular tersebut ke atas sungai. Demi keamanan, mulut ular dilakban. Sebagai pemburu ikan kuthuk, Supriyanto mengaku tidak kali ini saja melihat ular di bawah Jembatan Sumpingan.

“Sebelum ini saya juga lihat ular jenis yang sama di situ. Lebih besar dari ini. Ya sekitar sepaha orang dewasa,” tutur dia.

Penuturan senada disampaikan Febri, warga Margorejo, Banyuanyar. Pemuda itu ikut membantu menangkap ular piton sepanjang tiga meter yang ditemukan Supriyanto. Lantaran belum pernah menangkap ular, dia merasa kesulitan.

“Ya susah juga tadi. Susah nangkapnya. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk menangkap ular itu. Habis ditembak kami pegang ekornya, kami tarik, kemudian kami tangkap. Tapi rasanya juga agak takut nangkapnya,” ujarnya.

Febri mengakui sering muncul ular piton atau sanca di aliran Kali Pepe tepatnya di bawah Jembatan Sumpingan. “Masih banyak ularnya. Ada yang ukurannya lebih besar dari ini,” terang dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya