SOLOPOS.COM - Dua orang anggota sukarelawan Kedawung Rescue Sragen berhasil menangkap ular piton sanca kembang yang masuk ke dapur rumah milik warga di Dukuh Kedawung, Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (24/4/2023). (Istimewa/Kedawung Rescue Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Warga di wilayah Kecamatan Kedawung, Sragen, diresahkan dengan adanya ular piton masuk rumah. Seekor ular sanca kembang ditemukan masuk di dapur milik Hartoyo, warga Dukuh Kedawung RT 016, Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (24/4/2023).

Ular tersebut berhasil ditangkap anggota Kedawung Rescue. Warga di wilayah Kedawung diminta waspada dan tidak panik bila ada ular masuk permukiman.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pembina Kedawung Rescue Sragen, Triyono Putro, saat dihubungi Solopos.com, Senin, mengungkapkan habitat sanca kembang kemungkinan di sungai besar dan alas karet di seputaran Kedawung sehingga warga diminta waspada.

Triyono mengatakan sudah banyak kasus temuan ular di Kedawung dan jumlahnya lebih dari 10 kasus yang ditangani Kedawung Recue.

Kasus terakhir, kata dia, terjadi di kediaman warga Dukuh Kedawung pada Senin, pukul 06.00 WIB. Dia mengisahkan awalnya warga yang bernama Hartoyo ke dapur dan dikagetkan dengan adanya ular piton yang nyaris terinjak.

Kejadian itu, terang dia, kemudian dilaporkan ke sukarelawan Kedawung Rescue Sragen.

“Kami langsung menindaklanjuti laporan itu dan menangkap ular sanca kembang sepanjang 1,5 meter itu. Keberadaan ular itu membuat warga khawatir. Penangkapan ular itu cukup sulit karena bersemunyi di tempat yang sempit,” ujarnya.

Triyono heran banyak ular piton yang ditemukan di seputaran Kecamtan Kedawung yang melapor ke Kedawung Recue. Dia menduga habitat ular sanca itu kemungkinan besar dekat sungai besar dan alas karet.

“Selama ini sudah banyak yang tertangkap dan tidak terhitung. Kalau 10 ekor lebih,” ujarnya.

Triyono mengimbau kepada warga untuk membersihkan lingkungan permukiman rumah. Dia meminta celah-celah rumah yang sekiranya bisa dimasuki ular agar ditutup.

“Bila ada ular atau menemukan ular masuk rumah jangan panik tepai segera laporkan ke Kedawung Rescue Sragen, khususnya bidang reptil, yakni Mas Sugiyono Dumuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya