SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Solopos.com)--Serangan ulat bulu mulai merambah di wilayah Boyolali utara. Di Dusun Ngoyok, RT 12/ II, Desa Beji, Andong, ratusan ulat bulu menyerang sebuah pohon mangga milik warga. Akibatnya, lebih dari 90% daun pada pohon tersebut habis dimakan ulat.

Warga Ngoyok, Suranto, 35, mengatakan keberadaan ulat bulu itu sudah dilihat warga sejak dua pekan lalu. Namun warga hanya menganggap ulat biasa dan tidak membahayakan. “Dibiarkan saja, nanti juga akan hilang,” katanya saat ditemui, Senin (11/4/2011).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun perkembangbiakan ulat tersebut semakin hari semakin banyak. Kondisi tersebut membuat warga khawatir jika peristiwa merebaknya ulat bulu di daerah Jawa Timur menimpa kampung mereka. Warga lainnya, Iin, 24, menambahkan ulat tersebut berjumlah ratusan dan merayap dari batang bawah hingga ujung pohon.

Dijelaskan, bentuk ulat tersebut mirip dengan ulat yang ada di Jawa Timur, tapi di Boyolali warnanya cokelat.

Kepala Desa Beji, Suradi, mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dengan cara penyemprotan obat pada pohon tersebut. “Sampai saat ini sudah aman. Tapi seandainya muncul lagi, warga bisa segera melapor untuk segera dilakukan upaya pembasmian,” katanya.

aha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya