SOLOPOS.COM - Petugas memandikan gajah Manohara yang berulang tahun ke-12 di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Minggu (6/6/2021). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Jurug Solo Zoo memberikan hadiah ulang tahun ke-12 ke salah koleksi gajah, Manohara dengan buah-buahan dan mandi air kembang di TSTJ, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (6/6/2021).

Pada kesempatan itu, para keeper mengarahkan gajah Dian dan Manohara ke luar kandang menuju area lapang, akses pengunjung yang baru masuk area TSTJ. Para petugas meminta kedua gajah duduk sebelum dimandikan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Koleksi gajah menarik perhatian khususnya anak-anak, sejumlah pengunjung memandikan Manohara dan memberikan makan buah-buahan. Para pengunjung mengabadikan momen bersama dua koleksi gajah tersebut.

Baca juga: Alhamdulillah, Pemilik Konter HP Pasar Kliwon Solo Yang Dikabarkan Hilang Sudah Ditemukan

Dokter Hewan TSTJ Solo, Nalia Yustika Indani, menjelaskan Manohara merupakan jenis gajah sumatra anak dari Dian dan Jati yang merupakan koleksi gajah TSTJ. Kini koleksi gajah menyisakan dua karena Jati sudah mati.

“Gajah Sumatra yang berusia 12 tahun bisa mulai bereproduksi. Kami berencana dalam jangka panjang menjodohkan Manohara. Sudah ada [calon gajah jantan] tapi belum bisa kami publikasi. Tempat reproduksi di sini saja karena tempatnya cukup luas,” kata dia.

Menurut dia, harapan hidup gajah sumatra bisa mencapai 60-70 tahun dan masa reproduksi mulai 12 tahun hingga 45 tahun. Satu gajah sumatra koleksi TSTJ bisa menghabiskan makanan 400 kilogram per hari berupa rumput, buah, umbi, dan daun.

Baca juga: Ketemu Gus AMI Lagi, Gibran Sebut Kota Solo Memang Seksi

Salah satu pengunjung, Dwi Puji Astuti, 25 dan anaknya Ashila, 1, mengaku senang mendapat kesempatan menyiram air kembang kepada Manohara. Mereka berkunjung setelah mendengar tidak ada pembatasan usia masuk area Jurug Solo Zoo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya