SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

CEK SOAL UN-Petugas Polres dan Dinas Pendidikan Wonogiri melakukan pengecekan dan pemilahan kardus berisi soal UN SMP/MTs/SMPLB se-Wonogiri, Sabtu (21/4/2012) di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri. (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Sebanyak 14.132 siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Wonogiri dipastikan mengikuti ujian nasional (UN) yang digelar Senin-Kamis (23-26/4/2012).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, H Siswanto didampingi Kabid SMP/SMA Disdik Wonogiri, Suwanto saat ditemui Solopos.com, Sabtu (21/4/2012).

“Mengikuti UN adalah hak siswa sedangkan kewajiban penyelesaian administrasi sekolah tanggungjawab orangtua. Untuk itu, tak ada alasan apapun untuk tidak mengikutsertakan siswa dalam UN,” ujar H Siswanto.

Sementara berdasar pantauan Solopos.com, naskah soal UN sudah tiba di Wonogiri dan disimpan di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri. Proses penurunan diawasi oleh pengawas dan petugas dari Polres Wonogiri.  Mantan Kabid SMK Disdik Wonogiri, menegaskan distribusi soal ke lima sub rayon akan dilakukan Minggu (22/4/2012). Ditambahkan oleh Suwanto, panitia telah menyiapkan 10 kendaraan untuk pendistribusian soal ke lima sub rayon.

Dalam kesempatan itu Kadisdik berpesan kepada semua siswa untuk tak mempercayai peredaran kunci jawaban UN. “Kunci jawaban soal yang diedarkan bisa dipastikan palsu dan merugikan siswa. Pegawai di Disdik sendiri tak memiliki peluang untuk membaca soal karena semua soal dimasukkan ke dalam kardus dan tertutup rapat.”

Terpisah, Kepala SMPN 1 Baturetno, Kavinji  berharap, ke-246 siswanya bisa lulus.  “Saya menargetkan 20 anak mendapatkan nilai 10. Tahun lalu terdapat lima anak peraih nilai 10. Siswa yang mendapatkan nilai 10 telah disiapkan hadiah dari sekolah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya