SOLOPOS.COM - Kondisi kepadatan lalu lintas di kawasan perlintasan Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, pada Jumat (19/3/2021) sore. (Istimewa/Sartono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, ditutup untuk keperluan perbaikan pada Kamis-Jumat (18-19/3/2021). Hal itu mengakibatkan kemacetan parah di perlintasan kereta api Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

Kemacetan kian panjang seiring tingginya frekuensi kereta api yang melintas di sana. Warga Gatak, Kartasura, Sartono, mengatakan kemacetan di perlintasan Mayang terjadi dari berbagai arah, baik timur maupun utara. Kendaraan mengular hingga satu kilometer.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Setiap 10 hingga 15 menit, palang kereta api secara otomatis menutup perlintasan sehingga menambah parah kemacetan," katanya kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: "Motor Dinas Ketua RT Colomadu" Viral, Ini Tanggapan Sekdes Blulukan Karanganyar

Sartono mengatakan kemacetan terjadi sejak hari pertama underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, ditutup pada Kamis (18/3/2021). Sebelum ada penutupan underpass, arus lalu lintas di perlintasan Mayang, Gatak, ini relatif lancar.

Tidak sampai terjadi macet parah seperti saat ini. "Sebelumnya padat tapi tidak sampai mengular seperti sekarang," ujarnya.

Ia mengatakan kawasan perlintasan Mayang menjadi wilayah terdampak akibat penutupan underpass Makamhaji. Kepala Pos Lantas Kartasura, Aiptu A Christian DN, mengatakan menggandeng sejumlah sukarelawan dan warga untuk mengatur arus lalu lintas.

Baca Juga: Pendirian Minimarket di Kedawung Sragen Diprotes Warga Dan Pemilik Toko Lain

Jalan Alternatif

Mereka ditugaskan di lokasi jalan alternatif yang terdampak penutupan underpass Makamhaji. Kepadatan arus lalu lintas akibat underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo ditutup terpantau di kawasan Tugu Lilin, perlintasan Mayang, dan Jalan A Yani.

"Selama penutupan underpass Makamhaji, dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Jadi berdampak pada kepadatan lalu lintas di jalan pengalihan arus," katanya.

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di kawasan Tugu Lilin, yakni kendaraan besar dari arah Solo menuju underpass Makamhaji dialihkan ke kiri atau arah Dlopo, Baki, hingga ke Pakis, Klaten.

Baca Juga: 3 Mayat Bayi Ditemukan Dalam 12 Hari Terakhir Di Sragen, Ada Apa Ya?

Sementara mobil pribadi dari Tugu Lilin belok kiri menuju Tower RCTI lalu ke Mayang, Gatak. Lalu dari arah barat atau Semarang menuju underpass Makamhaji dialihkan melalui timur pabrik Tifountex ke kiri (Transmart).

"Dari arah Mayang jalan kampung kecamatan ditutup di selatan underpass. Kami dibantu sukarelawan dan warga mengatur lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan underpass Makamhaji Sukoharjo ditutup total hingga Jumat. Penutupan dilakukan guna memaksimalkan pengerjaan pengaspalan jalan lintas bawah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya