SOLOPOS.COM - Pengendara melintas Underpass Makamhaji di Makamhaji, Kartasura, SUkoharjo, Senin (8/3/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Akses melewati Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, telah dibuka kembali mulai hari ini, Selasa (8/3/2022). Jalan underpass yang sudah ditutup selama dua pekan mulai Senin (21/2/2022) hingga Senin (7/3/2022) untuk perbaikan itu kini bisa kembali dilewati kendaraan.

Tukang bangunan asal Cilacap yang turut serta memperbaiki Underpass Makamhaji, Prayit, 45, menyatakan akses jalan telah dibuka pagi hari sekitar pukul 06.30 WIB dengan iring-iringan mobil Dinas Perhubungan (Dishub). “Tadi pagi sudah dibuka, sekitar pukul 06.30 WIB tadi sudah ada iring-iringan mobil dari Dishub lewat pakai sirine,” kata pria yang indekos di dekat Underpass Makamhaji itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurutnya, begitu jalan dibuka langsung dipadati dengan kendaraan yang lalu lalang melintasi underpass. Lebih lanjut, dia berharap jalan di Underpass Makamhaji dapat awet dan dilalui kendaraan tanpa ada kerusakan lagi.

Baca juga: Tilik Perbaikan Underpass Makamhaji, Bupati Etik: Alhamdulillah Bagus

“Tadi pas setelah mobil Dishub lewat jalanan langsung ramai, langsung padat. Ya sebagai yang ikut menggarap underpass ini harapannya jangan rusak lagi cukup sekali ini aja perbaikannya,” katanya yang dijumpai Solopos.com di indekosnya, Selasa.

Pekerja lainnya yang juga ikut menggarap perbaikan Underpass Makamhaji, Restanto, 53, menyatakan jalan underpass memang cukup sulit perbaikannya. “Sumber air di sini [underpass] banyak, jadi ya sulit kalau melawan alam,” kata pria asli Cilacap itu.

Tidak Ada Kepadatan

Sementara itu, Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) Makamhaji, Kartasura, Suranto, 45, mengaku belum ada perubahan signifikan terkait jalur alternatif yang sering dilalui pengendara.

“Jalur alternatif masih sama seperti kemarin, karena ini kan jalur utama yang dari arah Wonosari, Klaten, dan sekitar Gawok, kalau perkembangan [lalu lintas] belum ada, masih sama seperti kemarin,” kata Suranto.

Baca juga: Penyerahan Aset Underpass Makamhaji Sukoharjo Masih Tarik Ulur

Lebih lanjut, dia menyampaikan lalu lintas underpass sejauh ini masih lancar, tidak ada kepadatan di sejumlah titik. Dia menjelaskan aktivitas selama penutupan jalan memperpadat jalur alternatif. Dia berharap setelah dibukanya underpass lalu lintas akan kembali normal.

Sebagai informasi, Underpass Makamhaji sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dari arah Solo maupun Kartasura. Sedangkan untuk kendaraan berat diatas 8.500 kilogram sudah tidak bisa melewati jalur underpass demi keselamatan pengendara dan keawetan jalan.

Terkait larangan kendaraan berat diatas 8.500 kilogram dan rekayasa lalu lintas melewati underpass, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Toni Sri Buntoro,  saat ditemui di sela-sela meninjau underpass pada Senin (7/3/2022), mengaku telah melakukan koordinasi lintas sektoral dengan Pemerintah Kota Solo, Pemkab Klaten dan juga Satlantas Polres.

Baca juga: Biar Akurat, Data Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Diperbarui Tiap Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya