SOLOPOS.COM - Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo. Foto diambil Selasa (6/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunggah foto Taman Pracima atau Pracima Tuin di kompleks Pura Mangkunegaran Solo melalui akun Twitter @gibran_tweet, Jumat (16/12/2022).

Dalam keterangan pada unggahan tersebut, Gibran menuliskan taman itu sebentar lagi akan dibuka. “Bentar lagi dibuka. Coba tebak ini dimana?” tulisnya pada unggahan pertama yang disertai satu foto.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tak sampai satu jam kemudian, pengelola akun @gibran-tweet kembali mengunggah tiga foto Taman Pracima dengan keterangan ucapan syukur dan terima kasih karena pembangunan taman itu berlangsung lancar.

“Alhamdulillah pembangunan Pracima Tuin berjalan lancar. Saya senang karena Kanjeng Gusti Bhre sangat visioner dan sat set. Sehingga eksekusinya gak pake rbet. Matur nuwun kanjeng gusti, nambah satu destinasi baru lagi di Solo,” tulisnya.

Seperti diketahui, Taman Pracima atau Pracima Tuin dibangun di kompleks Pura Mangkunegaran Solo sebagai salah satu destinasi wisata dan pengembangan UMKM di Solo. Taman akan dibuka untuk umum dengan akses melalui dari pintu selatan.

Baca Juga: Eksotisnya Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo saat Malam, Buka Januari 2023

Pembangunan taman di lahan bekas lapangan tenis Mangkunegaran itu terinsipirasi ide dan konsep taman era Mangkunagoro VII sekitar 1920-an. Arsitektur bangunannya perpaduan Jawa dan Eropa.

KGPAA Mangkunagoro X, saat ditemui wartawan di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (28/11/2022) lalu, membocorkan bahwa Taman Pracima akan dibuka pada pertengahan atau akhir Januari 2023. “Bocorannya, taman bakal dibuka untuk umum pada awal tahun depan. Mungkin pertengahan sampai akhir Januari,” ujarnya.

Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran Solo terdiri atas tiga bangunan yakni Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik. Pracimaloka yang terletak di sisi barat berfungsi untuk mengolah hasil bumi, seperti teh dan kopi. Pracimawisik yang berada di sisi timur untuk pengembangan seni dan budaya.

Baca Juga: Hore, Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo Dibuka Akhir Januari 2023

Sedangkan Pracimasana sebagai bangunan utama yang berada di tengah taman berfungsi sebagai tempat kuliner atau menikmati makanan dan minuman.

Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau taman tersebut pada Minggu (20/11/2022) lalu mengatakan berharap Taman Pracima di Mangkunegaran Solo bisa menjadi lokasi wisata edukasi sejarah.

“Taman yang sedang dibangun di belakang itu bagian dari kemankunegaranan dan mendukung lagi aset dari kebudayaan nasional sebagai sarana belajar,” kata Erick saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya