SOLOPOS.COM - Ilustrasi SBC (Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi SBC (Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS)

SOLO — Nama Solo Batik Carnival (SBC) kembali menjadi perbincangan. Setelah membawa Indonesia sebagai peraih The Best National Costume di ajang Miss Universe, di Las Vegas, Kamis (20/12/2012) lalu, kini mereka kembali membawa penghargaan berupa  President`s Trophy dalam Parade Bunga Mawar di Pasadena, California, Selasa (1/1/2013) lalu. Parade tersebut diikuti 41 kendaraan hias dari berbagai instansi di negara bagian Amerika Serikat dan beberapa negara di dunia.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam parade bunga itu SBC membawakan kendaraan hias bertema Metamorphosis yang digabungkan dengan float wayang. Konsep yang mereka bawakan seperti wayang golek yang lebih menonjolkan peran Gatotkaca, Arjuna dan Kresna.
Kendaraan hias tersebut lalu berjalan sekitar 12 kilometer bersama mobil hias lainnya. Saat berjalan mengikuti rute parade, mobil tersebut diiringi sepuluh anggota SBC yang berada di samping kanan dan kirinya.

Kesepuluh anggota SBC itu juga mengenakan kostum karnaval bertema batik dan bunga dengan diselipi sejumlah hiasan wayang.

“Sangat melelahkan karena kamiberjalan dengan rute 12 kilometer. Tapi melihat antusias penonton yang banyak dan kompak kami semangat sampai finish,” urai Koordinator SBC, Quinta Nova, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (4/1) sore.

Sebelumnya, salah satu desainer SBC, Januar Pribadi, menguraikan kostum yang dikenakan dalam parade tersebut memang lebih banyak menonjolkan unsur bunga nan gemerlap. Ditambah sejumlah aksesoris berupa miniatur wayang yang diselipkan di kostum tersebut agar sesuai dengan tema umum yang mereka angkat.

Tak hanya bunga nan gemerlap, Januar, juga menambahkan sejumlah bulu-bulu putih. Hal itu disesuaikan dengan cuaca di Pasadena, California yang sangat dingin.

“Jadi bulu-bulu ini sedikit menghangatkan kami saat nanti berjalan mengikuti  karnaval itu,” ucapnya beberapa pekan lalu saat berbincang dengan Solopos.com di kediamannya di Perumahan Jaten, Karanganyar.

Keikutsertaan Indonesia  dalam  Parade Bunga Mawar tahun 2013 ini merupakan kedua kalinya setelah 16 tahun absen dalam kegiatan tersebut sejak 1996. Tahun lalu Indonesia juga mendapatkan penghargaan yang sama dalam parade tersebut. Sementara, Indonesia pernah mendapat Grand Marshall`s Trophy sebagai kendaraan hias yang memiliki konsep dan desain paling kreatif pada  1992 dan 1995.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya