SOLOPOS.COM - Penampakan objek wisata Gentong Kencono di Desa Wisata Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Boyolali. (kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Kabupaten Boyolali memiliki banyak lokasi wisata menarik baik yang berbasis alam, kuliner, maupun kesenian dan religi, salah satunya Gentong Kencono di Dukuh Mekarsari, Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari.

Desa wisata yang berada di jalur nasional jalan Solo-Semarang ini menawarkan keunikan, salah satunya perpaduan antara wisata alam, seni budaya, dan religi di satu lokasi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dilansir kemenparekraf.go.id, Desa Kaligentong dengan objek wisatanya Gentong Kencono masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Tempat rekreasi ini menyajikan taman-taman tematik serta memiliki penunjang wisata lain untuk menarik pengunjung.

Ada edukasi dan agrowisata hingga wisata religi kebinekaan yang di dalamnya ada keberagaman budaya dan agama. Selain itu objek wisata di Boyolali ini juga menampilkan kesenian seperti seni tari, seni musik, seni lukis, dan kehidupan sosial budaya kearifan lokal seperti upacara Sadranan dan Sedekah Bumi dalam event Gentong Kencono Fair.

Desa Wisata Kaligentong dengan objek wisatanya, Gentong Kencono, menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung seperti area parkir, balai pertemuan, kafetaria, kamar mandi umum, musala, area outbond, selfie area, spot foto, tempat makan, dan wifi area.

Dengan biaya tiket yang cukup murah mulai dari Rp10.000, pengunjung dapat memilih atraksi untuk ditonton. Ada pertunjukan Tari Sang Naya, Seni Rodat Rukun Santoso, Seni Rodat Anker Wahyu Kusumo, Seni Jatillan Setyo Mudho Budoyo.

Kemudian kesenian Topeng Ireng Ngesti Rahayu, Buto Gedrug, Seni Tari Wirayuda, Vihara Veluvana, Pagoda Ashin Jinarakkhita, Ekowisata. Lalu Bromo Corah Ngesti Rahayu, Galeri Lukis Jayanti, agrowisata, tempat ibadah, dan sanggar tari Ngesti Rahayu.

Aneka Oleh-Oleh

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam menikmati suasana di objek wisata Gentong Kencono di Gladagsari, Boyolali, juga ada Homestay Tjipto Ragardho. Tarif bermalam di homestay ini mulai dari harga Rp300.000 per malam.

Selain itu ada beberapa oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang di antaranya rambak gendar, stik talas, keripik gembus, keripik pare, keripik tomat, keripik timun, keripik wortel, wedang jahe ibu jari, dan produk oleh-oleh lainnya.

Mengutip boyolali.go.id, objek wisata Gentong Kecono berada di tanah kas Desa Kaligentong, Gladagsari, Boyolali, yang dulunya bekas sawah yang dikelola masyarakat untuk bercocok tanam. Luas lahannya sekitar 6,4 hektare dan terletak di kawasan Mekarsari, tepatnya di belakang Balai Desa Kaligentong.

Akses masuk ke desa ini cukup mudah dan jalannya cukup bagus. Pintu masuk desa ini ada dua yakni dari arah utara dan selatan, menggunakan akses jalan kampung di Dukuh Mekarsari sebelum masuk ke Dukuh Ngelo.

Keunikan dari desa wisata ini yaitu adanya dua gentong di depan jalan masuk menuju desa. Salah satu gentong tingginya mencapai 3 meter dengan posisi tegak dan gentong satunya setinggi 2,5 meter dengan posisi miring. Fungsi gentong ini untuk menampung air dari Kali Cacing dan sumur bor di area itu.

Sementara itu, laman gentongkencono.kaligentong.com yang merupakan media komunikasi Pemerintah Desa Kaligentong, mengungkapkan selain menawarkan wisata tematik, lokasi wisata Gentong Kencono juga memiliki pemandangan indah dengan latar Gunung Merbabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya