SOLOPOS.COM - Lokasi Pasar Wisata Jodha di dekat Pemancingan Jogodayoh, Desa/Kecamatan Kalikotes, Klaten. (Instagram @bumdeskalikotes)

Solopos.com, KLATEN — Wisata kuliner terus bermunculan di Kabupaten Klaten dengan berbagai daya tarik dan keunikannya, salah satunya Pasar Jodha yang berada satu lokasi dengan Pemancingan Jogodayoh di Desa/Kecamatan Kalikotes, Klaten.

Pasar wisata Jodha belum lama dibuka tepatnya pada Minggu, 5 Maret 2023 lalu. Uniknya, pasar wisata ini tidak buka setiap hari atau setiap hari Minggu, melainkan hanya pada hari Minggu pasaran Kliwon.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain itu, sistem pembayaran transaksi di pasar ini juga berbeda dibandingkan pasar lainnya, tidak menggunakan uang konvensional melainkan menggunakan koin khusus yang disediakan pengelola.

Pengunjung harus menukar dulu uang konvensional dengan koin untuk dipakai transaksi di booth penukaran yang tersedia di Pasar Jodha.

Dilansir akun Instagram @disbudporapar_klaten, Pasar Wisata Jodha di Kalikotes, Klaten, buka hanya pada Minggu pasaran Kliwon, sehingga pengunjung perlu melihat kalender terlebih dahulu jika ingin berkunjung agar tak kecele.

Saat peresmian pasar pada 5 Maret 2023 lalu, pengelola mengadakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan acara mulai dari senam ibu-ibu, pembagian doorprize, penampilan Tari Gedruk, panggung hiburan, bernyanyi bersama, menari bersama, dan lain-lain.

pasar jodha kalikotes klaten
Pengunjung menukarkan uang dengan koin untuk transaksi di Pasar Jodha di Desa/Kecamatan Kalikotes, Klaten. (Instagram @disbudporapar_klaten)

Pasar Jodha menyediakan berbagai jenis barang dagangan, mulai dari kuliner tradisional dan aneka makanan lain, aneka permainan, kerajinan tangan, dan banyak lagi lainnya. Kuliner di pasar ini antara lain jenang, soto, aneka minuman segar, pecel, jajanan pasar, ayam krispi, dan lain-lain.

Kanal Youtube Kabarepiye, dalam video unggahannya mengenai pasar wisata itu, mengungkapkan di Pasar Jodha terdapat 61 stan untuk para warga yang berminat berjualan. Pasar wisata ini dibangun untuk meningkatkan perekonomian UMKM warga setempat setelah pandemi yang membuat banyak usaha warga terpuruk.

Dengan ada pasar wisata tersebut pengelola berharap dapat membantu perekonomian warga setempat. Selain pasar wisata, terdapat pula kolam pemancingan Jogodayoh yang berada satu lokasi dengan Pasar Jodha.

Pasar Jodha yang berlokasi sekitar 200 meter ke arah utara Balai Desa Kalikotes ini dikelola Pokdarwis Tirta Langit Desa Kalikotes dan hingga kini masih dalam tahap pengembangan sehingga ke depan bakal jadi destinasi wisata dengan lebih banyak daya tarik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya