SOLOPOS.COM - Wahan river tubing di Desa Wisata Taman Watu Gambir Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar. (Instagra,/@watugambir.park)

Solopos.com, KARANGANYAR — Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mendukung pengembangan Desa Wisata Watu Gambir, Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Dukungan yang difokuskan pada digitalisasi itu antara lain dilakukan melalui promosi Desa Wisata Watu Gambir dengan pembuatan aplikasi Smart Village berbasis laman web. Selain itu ada pembuatan video profil dan media sosial.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Melalui laman situs Go Wisata diharapkan mempermudah warga untuk mempromosikan tempat wisata secara digital. Bagi wisatawan pun ini akan mempermudah menemukan lokasi dan informasi mengenai wahana serta reservasi di Desa Wisata Watu Gambir.

Baca Juga: BUMDes Sukses, Pemdes di Karanganyar Ini Bagikan Rp500 Juta ke Semua RT

Sejumlah fasilitas dan wahanan yang disediakan Desa Wisata Watu Gambir Antara lain kebun bunga, danau, camping ground, river tubing, penginapan, restoran, dan perahu.

Aplikasi ini juga memberdayakan masyarakat desa yang mempunyai usaha hotel atau kuliner untuk mempromosikan usahanya.

Sementara itu, Kepala Desa Karang, Dwi Purwoto, mengatakan dukungan dari UNS tersebut sangat membantu mengingat pemerintah desa saat ini sedang berupaya mengembangkan berbagai potensi yang ada.

“Sebelumnya memang belum ada laman khusus tentang Desa Wisata Watu Gambir sehingga dukungan dari pihak lain seperti dari akademisi/UNS ini sangat kami harapkan,” ujarnya, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Sumberbulu Karanganyar Raih Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan

Lebih jauh, ia berharap pengembangan desa wisata ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya.

“Tentunya jika desa kami lebih dikenal, akan lebih banyak orang yang datang berwisata yang pada akhirnya akan menyejahterakan masyarakat kami,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya