SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengenakan busana adat Bali pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (17/8/2023) pagi. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengenakan busana adat Bali pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (17/8/2023) pagi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tiba di Stadion Sriwedari didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Selvi Ananda.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Gibran mengenakan pakaian adat Bali berupa beskap cokelat, jarit, dan udeng. Sementara istrinya, Selvi, mengenakan kebaya biru. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengenakan pakaian adat Aceh berwarna hitam.

Ketiganya duduk di tribune VIP bersama para tamu undangan lainnya. KGPAA Mangkunagoro X sempat duduk di tribune sebelum bertugas menjadi inspektur upacara. Pakaian yang dikenakan, yakni Batik KG Parang Barong Cemeng (Parang Barong hitam).

Adapun para tamu undangan mengenakan pakaian adat nasional atau tradisional. Upacara berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB hingga 08.30 WIB. Upacara berjalan lancar.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Solo, AKP Pur Ida Bagus Komang Suarnawa, menjelaskan Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solo sempat meminta saran mengenai pakaian yang dikenakan Gibran sebelum upacara.

“Ini menunjukkan bahwa budaya dan adat dan kebhinekaan itu memang luar biasa untuk membangun, menggandeng daripada semua suku bangsa yang ada di Indonesia sehingga tidak ada lagi perpecahan dengan menyambut hari kemerdekaan yang ke-78 Republik Indonesia ini sangat tepat sekali. Melaju dan terus maju,” jelasnya.

Gibran menjelaskan alasan Mangkunagoro X menjadi inspektur upacara salah satu pelestari kebudayaan di Kota Solo. Mangkunagoro X baru pulang dari Belanda lalu bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Sriwedari.

“Beliau kan pimpinan  juga. Mangkunegaran adalah salah satu mitra strategis Pemkot Solo. Kasunanan [Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat/Keraton Solo], Pura Mangkunegaran, semuanya bersinergi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya