SOLOPOS.COM - Flyer informasi acara tradisi Buka Luwur di Pantaran, Candisari, Gladagsari, Boyolali, yang akan digelar Jumat (11/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Masyarakat Dukuh Pantaran, Desa Candisari, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, akan melaksanakan tradisi tahunan upacara Buka Luwur pada Jumat (11/8/2023). Acara direncanakan dimulai pukul 08.00 WIB.

Informasi terkait agenda tradisi Buka Luwur diunggah di akun Instagram Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau Disporapar Boyolali, @disporapar_boyolali, Kamis (3/8/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Buka Luwur maksudnya untuk sadranan atau pergantian kain di makam Syech Maulana Ibrahim Maghribi yang berlokasi di Pantaran,” tulis keterangan pada unggahan tersebut.

Disporapar Boyolali mengajak masyarakat untuk datang ke upacara tradisional di lereng Gunung Merbabu tersebut. Agenda kegiatan dalam acara tradisi masyarakat Pantaran, Candisari, Boyolali, dimulai dari Buka Luwur, kemudian kirab luwur atau lurup dan sesaji, dilanjutkan rebutan gunungan.

Acara dilanjutkan penampilan seni dan budaya lokal yaitu Reog Sekar Turonggo Jati dan Kridho Mudo Taruno. Ada juga Candisari Berselawat bersama Habib Muh Syafii bin Idrus Alaydarus.

Dilansir dari situs jatengprov.go.id, tradisi Buka Luwur digelar pada Jumat terakhir di bulan Sura. Agenda tahunan tersebut disebut warga setempat sebagai sadranan yaitu prosesi penggantian kain lurup di beberapa makam di kompleks tersebut.

Ada lima makam yang diganti kainnya yaitu di makam Syech Maulana Ibrahim, Maghribi Dewi Nawangwulan, Ki Ageng Pantaran, Ki Ageng Mataram, dan Ki Ageng Kebo Kanigoro.

“Buka Lurup atau Gantos Mori ini maksudnya untuk nguri-uri kebudayaan dari nenek moyang terdahulu. Mengenang perjuangan dan pengembangan agama Islam di Pantaran,” ungkap Panitia Pelaksana pada 2018, Wahyu Windiharno, seperti yang dikutip Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya