SOLOPOS.COM - Lurah Banaran, Fajar Ferlyswanto, saat berada di samping banner dari layanan terbarunya bernama Banaran Night Public Service atau Ben Puas, Jumat (21/10/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali membuka pelayanan pengurusan administrasi hingga malam hari dengan nama program Banaran Night Public Service (Ben Puas).

Layanan tersebut dibuka karena banyak warga yang mengeluh jika pelayanan hanya dilaksanakan pada jam normal. Lurah Banaran, Fajar Ferlyswanto, mengatakan mayoritas warga Banaran bekerja dari pagi hingga sore mulai Senin hingga Sabtu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Akhirnya untuk mengurus surat-surat kan terbatas. Jadi saya dan teman-teman itu berpikir bagaimana kalau tambah jam pelayanan. Akhirnya, kami komitmen untuk melaksanakan inovasi Banaran Night Public Service atau Ben Puas,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Jumat (21/10/2022).

Fajar mengatakan layanan Ben Puas tersebut dibuka tiap Senin, Rabu, dan Jumat malam mulai pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB. Pelayanan pada jam normal, terang Fajar, adalah setiap Senin hingga Kamis mulai pukul 07.30 WIB – pukul 14.00 WIB.

Pelayanan pada Jumat dimulai pukul 07.30 WIB – pukul 11.00 WIB, dan pelayanan pada Sabtu dimulai pukul 07.30 WIB – pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Pakai Single Sign On, Akses Aplikasi Pemkot Solo Tak Perlu Banyak Password

Beberapa pelayanan yang dilayani di Ben Puas antara lain pelayanan administrasi seperti surat keterangan tidak mampu, usaha, domisili, dan lain-lain. Kemudian pelayanan kependudukan seperti kepengurusan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akta kematian, dan lain-lain.

Aduan keamanan dan ketertiban umum oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Kemudian pelayanan kesehatan setiap Rabu malam oleh bidan desa.

Fajar menjelaskan pegawai kelurahan ada sepuluh orang termasuk dirinya, maka akan dibagi menjadi tiga sif. Dirinya berangkat setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan, sisa sembilan pegawai dibagi tiga sif.

“Saya selaku lurah dan Pak Bhabinkamtibmas serta Babinsa sudah komitmen bisa pada tiga malam tersebut. Kemudian Bu Bidan bisa melaksanakan pelayanan pada Rabu malam,” terangnya.

Ia menjelaskan Ben Puas merupakan layanan dari Kelurahan Banaran yang baru diluncurkan pada Rabu (19/10/2022) malam. Untuk layanan Ben Puas sendiri, lanjut Fajar, akan dimulai secara resmi pada Senin (24/10/2022).

Baca juga: Ini Satu-Satunya Kecamatan di Sragen yang Belum Terjangkau PDAM

Sebulan sebelumnya, Ben Puas telah diuji coba oleh Kelurahan Banaran. Fajar menceritakan banyak sambutan positif dari pemerintah dan tokoh masyarakat. Bahkan, beberapa warga juga mengusulkan akan ditambah pelayanan seperti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dan layanan lain.

Lurah Banaran tersebut akan menampung usulan warga dan sambil berjalan akan ditambah apa yang kurang.

Sementara itu, warga Sidodadi, Kelurahan Banaran, Moyo Anggoro, 29, menyambut baik adanya inovasi pelayanan di malam hari yang dilakukan oleh pemerintah kelurahannya.

“Itu memberikan kesempatan bagi saya dan teman-teman yang biasanya kerja pagi. Dan waktu mau mengurus KK atau akta harus terhalang pekerjaan akhirnya dibantu pihak kelurahan pada malam hari,” kata dia.

Baca juga: Warga Karanganyar Kini Bisa Urus Paspor di Gedung MPP, Catat Harinya

Jika pelayanan kelurahan dilaksanakan sampai malam hari, Moyo mengatakan dirinya tidak perlu mengambil libur ketika harus mencari dokumen ke kelurahan.

“Jadi kebanyakan yang warga sini kan juga harus cuti atau ambil kalau mau mengurus, memakan waktu dan tentu mengganggu pekerjaan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya