SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Jumlah penganggur di Sragen mencapai puluhan ribu orang.

Solopos.com, SRAGEN — Badan Pusat Statistik (BPS) Sragen mencatat sebanyak 21.965 warga Bumi Sukowati tidak mendapat pekerjaan alias menganggur. Di Soloraya, tingkat pengangguran terbuka Sragen menempati urutan ketiga setelah Solo dan Sukoharjo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala BPS Sragen Laeli Sugiyono mengatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 4,51% dari tingkat pastisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 71,91%. Angka tersebut tertuang dalam buku Sragen Dalam Angka 2016.

“TPAK merupakan total angkatan kerja dibagi jumlah penduduk usia kerja. Berdasar usia kerja, jumlah warga Sragen yang berusia 15 tahun ke atas ada 464.899 jiwa dengan komposisi 71,91% sebagai angkatan kerja dan 28,09% bukan angkatan kerja,” terang Sugiyono saat ditemui di kantornya, Rabu (11/1/2017).

Laeli menjelaskan tingkat pengangguran terbuka Sragen sebesar 4,51% itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya yakni 6,04%. Penurunan tingkat pengangguran terbuka itu, lanjut Laeli, merupakan dampak pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,05% pada 2015.

“Tingkat pengangguran terbuka di Sragen menempati urutan ketiga di Soloraya setelah Solo dan Sukoharjo. Namun, tingkat pengangguran terbuka di Sragen lebih kecil dibandingkan tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah yang mencapai 4,99%,” papar Laeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya