SOLOPOS.COM - General Manager (GM) Hotel Grand Mercure Solobaru, Djati A. Wijaya. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Grup perhotelan Accor mengumumkan pembukaan Grand Mercure Solobaru. Hotel ini menjadi Grand Mercure pertama di Solo, Jawa Tengah, yang bergabung dengan jaringan empat properti Accor di Solo dengan merek The Royal Surakarta Heritage, Novotel, dan Ibis Styles.

Kini, hotel ini dipimpin General Manager (GM), Djati A. Wijaya. Nama baru Grand Mercure Solobaru dan GM baru berupaya membawa semangat baru bagi hotel terkemuka di Solobaru tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Djati mengakui rebrandring hotel tak mudah mengingat sebelumnya hotel tersebut menyandang nama lain dan kini masih dalam proses perubahan meskipun operasional tetap berjalan.

Rebranding agak rumit, ibarat orang ganti baju tetapi kaus dalam masih sama, baunya masih kecium. Kami membuat inovasi pendekatan ke tamu, misalnya information letter di kamar. Kami juga tidak menutup telinga dalam proses rebranding ini,” terang Djati saat berbincang dengan Solopos.com di Hotel Grand Mercure pada Kamis (26/1/2023).

Djati mengatakan dalam pendekatannya tak sedikit tamu yang memberikan kritik dan saran selama proses rebranding. Ia menyebut perubahan dilakukan baik dalam tim, penataan lokasi dan interior hingga suasana yang akan dibangun.

Perubahan itu di antaranya konsep kamar dengan kesan yang lebih baru termasuk modernisasi peralatan. Modernisasi misalnya pada perangkat internet protocol television (IPTV). Selain itu kecepatan WiFi hingga sistem pemesanan kamar juga dimodernisasi.

“Kami juga perbarui suasana, interior design kamar, lobby, ballroom, dll. Kami juga menjelaskan program membership dan loyalty guest kepada para tamu. Bagi tamu yang akan menginap juga dapat memesan melalui all.accor.com agar mendapat potongan harga. Hanya harus menjadi member dahulu,” ujar Djati.

Harga Bersaing

Grand Mercure cukup optimis dengan persingan harga. Apalagi jika produknya sudah terpenuhi atau pembaharuan interior dan lainnya sudah usai dia menegaskan tidak akan khawatir dengan persaingan harga itu.

Price war tidak begitu ketat selama saya lima bulan di sini. Saat ini kami hanya mencoba mengurangi gap dengan main competitor. Tetapi kalau nanti sudah fully renovated kami akan berani sejajar dengan level main competitor,” ujar Djati yang telah malang melintang membuka hotel baru di berbagai daerah di Indonesia.

Ia mengatakan di Soloraya, khususnya Solobaru dan Solo, semua pasar seperti pemerintahan, wisatawan, hingga perusahaan dapat menjadi target.

Sementara berkaitan dengan isu resesi, Djati mengatakan pihaknya membuat strategi memperkuat sistem penjualan terutama segmentasi mana yang paling besar pengaruhnya. “Apalagi ini tahun politik kami melihat KPU, Bawaslu, mana yang akan kami kelola,” kata Jati.

Selain itu pria yang juga pernah mengikuti pertukaran mahasiswa pada 1994 di Belanda ini berkomitmen Grand Mercure akan mendukung perekonomian dan pariwisata daerah. Utamanya UMKM yang dapat membantu penyediaan bahan baku hotel. Tetapi tak semua UMKM dapat menjadi klien mengingat banyak yang belum punya modal besar dan sistem yang sejalan dengan perhotelan.

Dia berharap dengan dibukanya pintu gerbang Indonesia untuk wisatawan China akan berpengaruh bagi bisnis perhotelan. Apalagi banyaknya infrastruktur di Soloraya yang diperbarui.

“Kami berharap semoga banyak tamu-tamu yang bisa stay di hotel kami, baik menginap, menggelar acara, meeting dan lainnya. Dengan begitu diharapkan Grand Mercure Solobaru dapat memberikan banyak kontribusi bagi masyarakat Solo dan Sukoharjo,” ujar Djati.

Grand Mercure Solobaru memiliki 348 kamar dan suite modern serta menawarkan berbagai pilihan kuliner dengan citra rasa Nusantara, Asia, dan Western. Hotel ini juga dilengkapi convention hall, meeting room, kolam renang infinity, pusat kebugaran, dan spa.

Djati menyebut rentang harga yang ditawarkan kepada tamu berkisar Rp800.000-Rp1,4 juta/malam tergantung tinggi rendahnya minat pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya